Politik Pemerintahan

Kadiskominfo Jember: Stadion JSG Siap Jadi Tempat Karantina Penanganan Covid-19

foto/ilustrasi

Jember (beritajatim.com) – Stadion Jember Sport Garden di Kabupaten Jember, Jawa Timur, siap dijadikan lokasi karantina untuk penanganan Covid-19. Namun prosedur operasional masih belum dijelaskan oleh pemerintah daerah.

“Di JSG sudah siap semua, sarana dan prasarana, dan lain-lainnya. Itu kan hanya persiapan. Kalau dibutuhkan akan digunakan. Ya mudah-mudahan tidak. Yang penting Pemkab Jember sudah siap kalau dibutuhkan tempat karantina,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Jember Gatot Triyono, Minggu (29/3/2020).

Soal teknis standar operasional karantina itu, Gatot tidak menjelaskan. “Yang penting Ibu Bupati sudah menyiapkan. Sarana-prasarana dan petugasnya sudah siap. Sewaktu-waktu memang karantina dibutuhkan, itu baru dipakai. Menunggu situasi perkembangan. Kita tidak tahu ke depan. Mudah-mudahan tidak (memburuk). Kita sudah siap kalau perkembangan kurang bagus, itu bisa digunakan,” kata Gatot.

Sebelumnya, Bupati Faida menyatakan, jika pihaknya memang menyediakan tempat karantina. “Karena idealnya isolasi itu 14 hari. Tidak semua orang bisa menertibkan diri dan bisa mengendalikan diri dalam masa isolasi 14 hari. Oleh karenanya kita perlu menyiapkan. Pada keadaan tertentu kita akan gunakan tempat karantina ini, terutama untuk ODP (Orang dalam Pemantauan) yang tidak mungkin semua dimasukkan ke rumah sakit. Karena kita perlu memfokuskan rumah sakit untuk menangani pasien-pasien non corona, supaya semua dapat teratasi dengan baik, dan ada keterbatasan kemampuan rumah sakit dan tenaga medis kita,” katanya.

“Untuk itu di tempat karantina nanti tidak akan menggunakan tenaga medis yang rutin di rumah sakit. Tapi kita akan menggunakan tim khusus untuk disiagakan di tempat karantina,” kata Faida.

“Kalau keadaan tidak membaik, kita akan lakukan karantina. Ini untuk mempercepat dan memastikan isolasi berjalan efektif, sekaligus pemerintah dapat memantau. Apabila ini kepala keluarga yang meninggalkan keluarga dan sebagainya, maka pemerintah dapat memantau ekonomi di rumah masing-masing, sehingga pemerintah dapat membantu,” kata Faida.

Faida mengatakan, saat ini baru taraf persiapan karantina dan belum mengambil langkah operasional. “Tapi menyiapkan adalah hal yang paling baik pada kondisi hari ini. Apabila ada ledakan, kita sudah siap segala kemungkinan,” jelasnya. [wir/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar