Politik Pemerintahan

Kades Gondrong Ubah Kampung Miskin Jadi Desa Miliarder

Gresik (beritajatim.com)- Keberhasilan Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik yang dinobatkan menjadi desa miliader berkat inovasi membangun Wisata Alam Setigi, membuat Kepala Desa (Kades) setempat laris jadi pembicara atau motivator membangun desa.

Kali ini, Kades Sekapuk Abdul Halim diundang oleh pemerintahan desa (Pemdes) Buko, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Kades yang dijuluki ‘out of the box’ itu diundang sebagai narasumber yang bertema bagaimana membangun desa tanpa harus bergantung pada bantuan semata.

Di hadapan 50 peserta dari unsur perangkat desa, anggota BPD, dan Ketua Lembaga Desa Buko, Abdul Halim menuturkan kisah kerja kerasnya menyulap tempat pembuangan sampah yang kini menjadi Wisata Setigi.

“Ada tiga kunci dalam mencapai kesuksesan menjadi desa miliarder. Antara lain komunikasi, tertib administrasi, dan transparansi. Semua itu memberi contoh nyata bahwa membangun desa sama artinya dengan membangun bangsa,” ujar Kades berambut gondrong ini, Minggu (29/11/2020).

Abdul Halim sangat bersyukur banyak desa yang termotivasi untuk menjadi desa miliarder. Lebih bersyukur lagi, Desa Sekapuk juga menjadi percontohan untuk semua. Khususnya kebangkitan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Sementara Slamet Wahono selaku Kepala Desa Buko mengatakan, setiap desa pasti memiliki potensi. Termasuk Desa Buko juga memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat segera terwujud dengan kerja sama dan gotong royong.

“Harapan kami dengan adanya kegiatan ini bisa mentransfer informasi dan motivasi yang diterima sebagai bahan pemacu dan pemicu bagi masyarakat Desa Buko untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan yang merata,” pungkasnya. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar