Politik Pemerintahan

Kabupaten Ponorogo Segera Lakukan Uji Coba New Normal

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni

Ponorogo (beritajatim.com) – Dalam waktu dekat, Pemkab Ponorogo berencana melakukan uji coba penerapan new normal. Dalam penerapannya nanti, Bupati Ipong Muchlissoni menekankan akan pentingnya pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab secara sederhana, new normal diangankan sebagai situasi di mana masyarakat boleh beraktivitas normal meski di tengah pandemi. Syaratnya, tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19. Menurut Ipong, new normal saat ini adalah pilihan terbaik dalam menghadapi pandemi korona.

“Dalam proses ujicoba penerapan new normal, pastinya akan kami melakukan evaluasi nantinya,” kata Ipong, Sabtu (30/5/2020).

Gaya hidup baru dengan melakukan protokol pencegahan Covid-19 ini, kata Ipong mulai dari rajin cuci tangan, mengenakan maksker, jaga jarak jika di tempat umum. Ipong juga meminta OPD merumuskan aturan terkait beberapa hal yang spesifik. Seperti, penyiapan tempat cuci tangan di tempat umum.

Bupati Ipong Muchlissoni (dok.beritajatim.com)

“Jadi kalau ada warung akan beroperasi, harus ada wastafelnya untuk cuci tangan pengunjung,” katanya.

Ipong menambahkan yang tak kalah pentingnya dalam penerapan new normal adalah ketersediaanya masker dan hand sanitizer. Dan harga dua barang tersebut juga harus normal, sehingga masyarakat mampu untuk membelinya. Pengawasan harga maupun ketersediaan terhadap dua barang itupun menjadi wewenang Disperdakum dan satpol PP.

“Kami juga akan merumuskan terkait tata cara bekerja atau melakukan kegiatan sesuai prinsip physical distancing, berlaku untuk semua, baik instansi pemerintahan maupun swasta,” pungkasnya. (end/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar