Politik Pemerintahan

Kabar Serangan Fajar Berseliweran di Jember, Mulai dari Rp 20 Ribu Hingga Rp 600 Juta

Jember (beritajatim.com) – Informasi adanya serangan fajar alias operasi politik uang berseliweran di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (16/4/2019).

Salah satu informasi yang diterima beritajatim.com menyebutkan ada aksi serangan fajar di kawasan Demang Mulia, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari. Ada pembagian brosur salah satu caleg DPR RI disertai uang Rp 20 ribu.

“Kami masih telusuri,” kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Tobroni Pusaka.

Informasi heboh lainnya adalah adanya pelaku politik uang yang tertangkap tangan membawa uang Rp 600 juta di Kecamatan Gumukmas. Kepala Kepolisian Resor Jember AKBP Kusworo Wibowo membantah informasi itu. “Itu informasi simpang siur. Sementara bisa kami sampaikan itu adalah hoaks,” katanya.

Tobroni juga mengatakan belum ada fakta di lapangan yang menguatkan informasi itu. “Info yang kami terima itu kesalahpahaman. Ada caleg salah satu partai yang mencari saksi untuk penghitungan suara,” katanya.

Bagaimana dengan langkah Pemerintah Kabupaten Jember untuk berpartisipasi mengantisipasi praktik politik uang? “Sudah sosialisasi dan pengamanan sudah jalan,” kata Bupati Faida di sela-sela kunjungan ke kantoe KPU Jember, Selasa malam.

Kusworo mengatakan, pihaknya sudah menurunkan satuan-satuan tugas antipolitik uang dan informan-informan di lapangan. “Insya Allah tidak ditemukan di Kabupaten Jember. Namun kami tidak menganggap remeh,” katanya. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar