Politik Pemerintahan

Kabar Baik, Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Malang Terus Meningkat

Wali Kota Malang, Sutiaji.

Malang(beritajatim.com) – Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Malang terus meningkat. Jumlah tambahan kasus dalam dua pekan terakhir terhitung landai. Kota Malang pun berubah, dari zona merah atau resiko tinggi menjadi zona oranye atau resiko sedang.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, penyebab utama tingkat kesembuhan tinggi karena kesedaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan cukup baik. Masyarakat mulai sadar pentingnya 3 M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

“Tingkat kesadaran masyarakat untuk disiplin (menjalani protokol kesehatan Covid-19) itu linier dengan pertumbuhan (penambahan kasus). Tetap kita tidak boleh lengah dengan kondisi ini,” papar Sutiaji, Selasa, (6/10/2020).

Dari data Satgas Covid-19 Kota Malang, saat ini jumlah pasien Covid-19 sebanyak 1.823 orang. Dari jumlah itu, hanya 71 orang yang masih berstatus dalam pemantauan atau sedang dirawat. 1.575 orang telah dinyatakan sembuh, dan 177 orang meninggal dunia.

“Masih oranye, mudah-mudahan dalam waktu dekat zona kuning,” ucap Sutiaji.

Selain itu, faktor lain yang menjadi indikator angka kesembuhan tinggi adalah operasi yustisi yang digelar oleh petugas gabungan. Operasi yustisi mampu membuat masyarakat disiplin protokol kesehatan. Sehingga penambahan kasus tidak begitu tinggi, sementara pasien yang sembuh semakin bertambah.

“Seperti dulu PSBB (penerapan sosial berskala besar) kan flat jumlah pertambahan kasusnya. Begitu new normal, langsung melonjak. Saat ini, begitu ada operasi yustisi, masyarakat mulai ada kesadaran,” tutur Sutiaji. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar