Politik Pemerintahan

Jurnalis Pamekasan Jalin Komunikasi Intens Bersama Instansi

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah wartawan yang tergabung dalam komunitas Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP) menjalin komunikasi dalam rangkaian agenda ‘Silaturrahmi AJP’ bersama sejumlah instansi pemerintahan maupun perguruan tinggi di kabupaten Pamekasan.

Beberapa di antaranya silaturrahmi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan, Jl Brawijaya, Kelurahan Juncancang, serta ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan, Jl Raya Panglegur, Kamis (5/3/2020). Serta bersama pimpinan DPRD Pamekasan, Jum’at (6/3/2020).

“Silaturrahmi ini merupakan salah satu upaya kami untuk membuka ruang komunikasi dan kerjasama, khususnya dalam aspek konfirmasi pemberitaan sesuai dengan tugas kita sebagai jurnalis,” kata Ketua AJP, Miftahol Arifin melalui keterangan persnya.

Ia juga mengungkapkan kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari sejumlah pihak “Alhamdulillah kegiatan ini mendapat respon positif dari sejumlah pihak, semisal dari Rektor IAIN Madura, Kalapas Pamekasan, Kajari hingga pimpinan DPRD Pamekasan. Bahkan kita juga sempat diskusi panjang seputar tugas jurnalistik dan pemberitaan,” ungkapnya.

“Selain itu, kami juga agendakan silaturrahmi serupa ke sejumlah instansi lain dalam beberapa hari kedepan. Salah satunya bersama Rektor IAI Al-Khairat Pamekasan yang kita jadwalkan digelar Sabtu (7/3/2020) besok,” sambung reporter Kabar Madura Pamekasan.

Hal tersebut juga diamini oleh Kapalas Kelas IIA Pamekasan, Hanafi yang menyampaikan sangat senang dengan jalinan komunikasi yang digagas para insan pers. “Tentunya kami sangat senang dengan kegiatan ini, apalagi kita sama-sama belajar dengan tugas kita masing-masing,” ungkapnya.

Ia menjelaskan silaturrahmi tersebut menjadi momentum untuk saling berbagi, sekaligus dijadikan sebagai ajang tukar pendapat yang saling melengkapi. “Kami harapkan kritik membangun dari rekan-rekan jurnalis, dan kamipun juga bisa mengkritisi terkait berita rekan-rekan sekalian, termasuk legalitas media. Sehingga kita bisa slnergi dan saling mengisi,” jelasnya.

“Prinsipnya kami juga sangat mendukung kebebasan ataupun keterbukaan pers, namun tidak kalah penting jika hal itu dibarengi dengan informasi yang mendidik dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan kaidah ataupun kode etik jurnalistik,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman yang menilai silaturahmi tersebut sangat penting demi mewujudkan sinergitas antara lembaga yang dipimpinnya bersama rekan-rekan jurnalis. “Kegiatan seperti ini sangat penting untuk bersama mengawal sekaligus mengawasi berbagai kebijakan publik, ungkapnya.

“Kami berharap jalinan kerjasama ini berkelanjutan, tetapi tidak kalah penting tetap sama-sama berpegang teguh dan komitmen terhadap tugas kita masing-masing. Termasuk rekan-rekan pers yang harus selalu menjunjung tinggi kode etik jurnalistik,” pungkasnya. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar