Politik Pemerintahan

Jumlah PNS Pemkab Mojokerto Berangkat Haji Tahun 2019 Meningkat

Mojokerto (beritajatim.com) – Wakil Bupati Mojokerto melepas 133 orang Calon Jemaah Haji (CJH) Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Mojokerto tahun 2019, Rabu (17/7/2019). Jumlah CJH PNS Pemkab Mojokerto yang berangkat ke tanah suci tersebut, naik dibanding tahun 2018 lalu.

Pelepasan ratusan CJH PNS Pemkab Mojokerto digelar di Pendapa Graha Majatama Pemkab Mojokerto dibarengi dengan penyerahan surat cuti secara simbolis. Sebanyak 133 CJH terdiri dari jamaah perempuan sebanyak 73 orang dan 60 jamaah laki-laki.

Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi mengatakan, jumlah ini meningkat dari tahun 2018, yakni 120 orang atau meningkat 13 orang. “CJH dari kalangan KORPRI ini sudah mendaftar sejak tahun 2010 yang diberangkatkan pada tahun 2019. Semua PNS ini tergabung di KORPRI,” ujarnya.

Wakil Bupati menjelaskan, jika 133 CJH tersebut menjalankan ibadah haji akan mendapatkan cuti selama 50 hari. Untuk tugas para pejabat ASN atau PNS selama menjalankan ibadah haji sudah itu di atur oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

“Soal nanti tugasnya mereka semua sudah diatur, ini tadi cuti sudah saya berikan selama 50 hari. Dan untuk para pejabat yang kosong akan ditunjuk pelaksana harian, untuk melaksanakan tugas-tugas yang ditinggalkan oleh BPPK,” katanya.

Wakil Bupati mengajak seluruh CJH untuk bersyukur atas nikmat diberi kesempatan berangkat menunaikan ibadah haji. Menurutnya, ini menjadi kesempatan emas karena tidak semua orang bisa berangkat meski telah memenuhi syarat.

“Punya harta dan badan sehat pun juga belum bisa. Hanya yang mendapat anugerahNya saja, yang akan dipanggil (berangkat haji). Ini adalah kesempatan emas bagi Anda sekalian saat ini,” ungkapnya.

Wakil Bupati juga berpesan pada para CJH untuk menjaga betul kesehatan. Mengingat iklim Saudi Arabia yang cenderung panas dan berdebu dengan angin yang kering. Orang nomor dua di Kabupaten Mojokerto ini memberi tips kepada para CJH untuk menjaga kelembaban tubuh.

“Iklim gurun cukup panas dan kering. Jaga kesehatan dengan baik. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik. Jangan lupa basahi masker penutup mulut dengan sedikit air. Dengan cara membasahi sedikit masker penutup mulut dengan air, kelembaban akan terjaga,” katanya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Mojokerto, Mustain selaku Ketua KORPRI Kabupaten Mojokerto mengatakan, pelepasan tersebut sebagai bentuk ucapan selamat dan semangat pada para CJH.

“Anggota KORPRI tahun 2015 ada 97 orang yang berangkat, tahun 2016 105, tahun 2017 sebanyak 168, tahun 2018 sejumlah 120, dan tahun ini 133. Trend kenaikan ini juga ditunjang dari peningkatan tambahan penghasilan pegawai. Kami ucapkan pada CJH yang berangkat,” tegasnya.[tin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar