Politik Pemerintahan

Jumlah Pendaftar PPPK Sumenep di Bawah Kuota

Sumenep (beritajatim.com) – Jumlah pendaftar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Sumenep di bawah jatah kuota yang ditetapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB-).

“Total jumlah pendaftar untuk PPPK sebanyak 973 orang. Jumlah itu jauh di bawah jumlah formasi yang ditetapkan, yakni 1.390 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, Titik Suryati, Selasa (19/2/2019).

Ada dua formasi dalam rekrutmen PPPK tahun 2019, yakni penyuluh pertanian dan eks guru kategori 2 (K2). Dari 973 pendaftar, untuk formasi penyuluh pertanian sebanyak 67 orang dan eks K2 guru 906 orang. “Sekarang pendaftaran sudah ditutup, sehingga sudah tidak bisa lagi menyusulkan pendaftaran. Sekarang ini masuk dalam proses seleksi administrasi,” ujarnya.

Ia menduga, minimnya jumlah pendaftar PPPK tersebut, karena ada beberapa calon pendaftar yang tidak memenuhi persyaratan, misalnya pendidikan S1. “Kalaupun sudah mengabdi bertahun-tahun tetapi tidak memiliki ijazah S1, ya tetap tidak bisa mendaftar sebagai PPPK,” terang Titik.

Ia menambahkan, untuk seleksi administrasi bagi para pendaftar PPPK ditargetkan selesai pada hari ini. Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus administrasi, maka akan mengikuti tes tulis. “Tes seleksi PPPK ini sama seperti tes CPNS, yakni menggunakan computer assisted test (CAT),” ucapnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar