Politik Pemerintahan

Jumlah Pasien Sembuh Capai 66 Persen, Sumenep Tak Lagi Zona Merah

Sumenep (beritajatim.com) – Kabupaten Sumenep kini tak lagi berwarna merah di peta sebaran Covid-19. Dari 27 kecamatan, didominasi oleh warna kuning atau resiko rendah.

Dalam peta sebaran Covid-19 yang dirilis di laman IG Dinas Kesehatan Sumenep, jumlah pasien terkonfirmasi positif hingga Rabu, 22 Juli 2020, sebanyak 188 kasus atau bertambah 11 dari kemarin. Namun angka pasien yang dinyatakan sembuh juga meningkat pesat. Hari ini jumlah pasien terkonfirmasi yang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sehat bertambah 12 orang dibanding data kemarin. Dengan demikian, jumlah pasien sehat sebanyak 124 orang atau sekitar 66 persen dari data kasus terkonfirmasi positif.

Humas Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya menjelaskan, pasien terkonfirmasi yang sudah selesai menjalani isolasi dinyatakan sehat apabila hasil pemeriksaan secara klinis membaik serta tidak ditemukan gejala dan tanda infeksi Covid-19 lagi.

“Untuk semua pasien yang dinyatakan sembuh itu diminta tetap melakukan isolasi mandiri secara ketat setelah keluar dari rumah sakit,” katanya.

Ia kembali mengingatkan pentingnya menjalankan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi sebagian besar kasus terkonfirmasi positif saat ini disebabkan oleh kontak erat pasien.

“Jadi harus dipahami bersama bahwa peran penting dalam melakukan isolasi secara ketat sangatlah diperlukan. Kemudian upaya tracing harus terus diupayakan agar penularan secara masif terhadap covid-19 dapat dicegah,” ujarnya. (tem/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar