Politik Pemerintahan

Jumlah Panwascam Perempuan Bertambah di Jember

Jember (beritajatim.com) – Jumlah panitia pengawas kecamatan (panwascam) perempuan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, untuk mengawasi pemilihan bupati dan wakil bupati tahun ini bertambah dibandingkan saat pemilu lalu.

Pemilu lalu, jumlah panwascam perempuan adalah lima orang. Saat ini untuk pemilihan bupati, jumlah panwascam perempuan mencapai 19 dari total 93 orang komisioner yang dilantik. Mereka adalah bagian dari 59 perempuan yang mengikuti seleksi terbuka tempo hari. Jumlah keseluruhan pendaftar sendiri mencapai 394 orang.

Devi Aulia Rahim, Humas dan Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Badan Pengawas Pemilu Jember mengatakan, jumlah ini belum memenuhi kuota 30 persen perempuan, namun sudah lebih baik.

“Ini menunjukkan bahwa minat perempuan jadi penyelenggara sangat tinggi. Bisa jadi di tingkat kabupaten ada 40 persen keterwakilan perempuan menjadi pengawas,” katanya, Rabu (1/1/2020).

Fenomena ini membantah anggapan bahwa pengawasan pemilu adalah kerja laki-laki atau maskulin. “Kami juga menyosialisasikan pendidikan politik ke perempuan, sehingga mendorong minat perempuan menjadi penyelenggara pemilu,” kata Devi. Saat pemilu 2019, cukup banyak perempuan yang menjadi petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar