Politik Pemerintahan

Jumlah KPM Bansos PKH Pamekasan Tahap IV Bertambah

Pamekasan (beritajatim.com) – Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) di kabupaten Pamekasan bertambah dari angka sebanyak 47.468 menjadi 51.370 orang.

Penambahan tersebut berasal dari 10 ribu lebih data eligible yang berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial untuk Bansos PKH Tahap IV. Bahkan rencananya juga akan disalurkan dalam waktu dekat, khususnya untuk edisi Oktober, November dan Desember 2020.

“Saat ini data bayar yang kami terima sebanyak 51.370 KPM PKH Tahap IV, rencananya akan disalurkan dalam waktu dekat atau beberapa hari kedepan,” kata Koordinator PKH Pamekasan, Hanafi, Minggu (4/10/2020).

Diakuinya, saat ini daftar PKM di lembaga yang dipimpinnya mengalami kenaikan dari data sebelumnya dan berasal dari data terpadu kesejahteraan sosial. “Memang untuk saat ini ada penambahan sekitar 3.900 KPM PKH dan total menjadi 51.370,” ungkapnya.

“Tidak kalah penting juga perlu kami tegaskan bahwa penyaluran kali ini kita percepat dari sebelumnya, yakni untuk tiga bulan kedepan dan disalurkan sekaligus. Jumlah ini cukup besar, sehingga nantinya jika ingin mengambil dana bansos ini jangan dititipkan atau diwakilkan, agar tidak terjadi kesalahpahaman,” jelasnya.

Selain itu, jika nantinya belum cair dalam waktu dekat atau saldo nol dengan status masih aktif, pihaknya nantinya akan melakukan pengawasan dan koordinasi dengan pihak bank selalu penyalur bansos. “Jadi proses penyaluran bansos tahap IV ini nantinya akan terus kami dampingi,” tegasnya.

“Dari itu kami berharap bagi para penerima bansos agar bansos ini dimanfaatkan sebaik mungkin, tentunya untuk kebutuhan dasar keluarga. Termasuk juga untuk layanan pendidikan dan kesehatan sesuai dengan regulasi yang berlaku,” pungkasnya. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar