Politik Pemerintahan

Hasil Rekap Suara Pilpres di Jombang

Jokowi Unggul 70 Persen, Saksi 02 Bubuhkan Tanda Tangan

Saksi 01 dan saksi 02 berjabat tangan usai rekapitulasi suara tingkat kabupaten

Jombang (beritajatim.com) – Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menang telak di Kabupaten Jombang. Capres dengan nomor urut 01 ini unggul 70 persen suara. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya meraup 30 persen.

Hal itu diketahui menyusul selesainya rapat pleno pengitungan suara Pilpres (pemilihan presiden) yang digelar KPU Jombang di Hotel Yusro, Jumat (3/5/2019) malam. Menariknya, saksi pasangan nomor urut 02 dengan sukarela menandatangani hasil penghitungan tersebut.

Padahal sebelumnya beredar kabar, saksi pasangan Prabowo-Sandi akan memboikot tanda tangan hasil penghitungan. “Saya mau tanda tangan. Karena memang proses rekapitulasi di sini berlangsung transparan,” ujar saksi pasangan 02, Abdul Bakir, semberi memamerkan hasil penghitungan yang ia tanda tangani.

Apakah tidak ada imbauan dari BPN (Badan Pemenangan Nasional) Prabowo-Sandi untuk menolak tanda tangan? “Belum. Tidak ada instruksi itu. Sepanjang proses penghitungan berjalan lancar ya saya tanda tangani,” kata Abdul Bakir yang merupakan warga Kecamatan Ploso, Jombang ini.

Bakir mengungkapkan, pihaknya sempat memprotes proses rekapitulasi saat form A1 di Kecamatan Megaluh berbeda dengan situng KPU. Yakni ada selisih 52 suara. Namun persoalan tersebut akhirnya bisa diselesaikan. Bakir bisa menerima penjelasan KPU. “Jadi rekapitulasi sudah berjalan sangat transparan. Maka saya mau tanda tangan,” ujar Bakir mengulang.

Hal senada dilontarkan saksi 01, Anjik Prastika Praja. Menurutnya, rekapitulasi penghitungan suara Pilpres sudah berjalan transparan. Sehingga pihaknya juga meneken tanda tangan di lembar hasil penghitungan.

“Memang sempat ada protes dari saksi 02 soal situng. Namun hal tersebut bisa diselesaikan. Dan pihak 02 menerima. Untuk hasil akhir, pasangan 01 unggul 70 persen suara,” kata alumni STKIP PGRI Jombang ini usai penghitungan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pilpres tingkat Kabupaten Jombang yang digelar KPU, pasangan 01 meraup 615.972 suara atau setara 70 persen, sedangkan pasangan 02 mendapatkan 187.763 suara atau setara 30 persen. Jokowi-Ma’ruf menyapu bersih kemenangan di 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar