Politik Pemerintahan

Jokowi Minta Daerah Lain Contoh Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Presiden Joko Widodo secara langsung menyebut daerah-daerah di Indonesia harus mencontoh apa yang dilakukan Banyuwangi. Jokowi menyebut, tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik daerah di Ujung Timur Pulau Jawa ini cukup baik, termasuk di bidang pariwisata.

“Saya melihat pengelolaan pariwisata di Banyuwangi melibatkan masyarakat secara penuh, terutama dalam menyiapkan sektor pariwisata,” katanya.

Dia mencontohkan, pengelolaan di sektor hotel telah di atur sedemikian rupa. Misal, hotel kelas melati atau bintang 3 ke bawah diberikan ke masyarakat. Sementara, bintang 4 dan 5 diberikan ke investor. “Saya pikir proses seperti ini harus dicontoh daerah lain, kita mendukung penuh apa yang dilakukan Pak Bupati dan Gubernur,” ungkapnya.

Sejauh ini, pariwisata Banyuwangi dinilai paling siap menuju tatanan adaptasi kebiasaan baru (new normal). Ada 10 destinasi wisata dalam pengelolaan pemerintah masuk dalam uji coba new normal.

“Dari 10 destinasi wisata itu, baru 5 tempat wisata yang lolos sertifikasi. Di antaranya, Agro Wisata Tamansuruh, Grand Watudodol, Bangsring Underwater, Taman Gandrung Terakota dan Pantai Cacalan,” ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi M Yanuarto Bramuda. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar