Politik Pemerintahan

Jokowi: Memimpin Negara Beda dengan Dunia Usaha

Jokowi (kanan)

Jember (beritajatim.com) – Joko Widodo, kandidat presiden petahana, mengingatkan bahwa memimpin bangsa sebesar Indonesia tidak mudah dan membutuhkan pengalaman dalam pemerintahan. Hal ini dikemukakan di hadapan ribuan pendukungnya saat berkampanye di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (25/3/2019).

“Kita tahu penduduk Indonesia sekarang sudah 269 juta yang hidup di 17 ribu pulau. Tidak ada satu pun negara di dunia ini yang memiliki pulau sebanyak kita. 269 juta hidup di 17 ribu, hidup di 514 kabupaten dan kota dan 34 provinsi,” kata Jokowi.

“Alhamdulillah, saya diberikan kemudahan oleh Allah SWT memimpin dari bawah. Walikota dua kali. Naik ke gubernur DKI. Naik lagi sekarang presiden sudah 4,5 tahun. Artinya, pengalamannya betul-betul dari bawah. Mengerti rakyat butuh apa. Mengerti bagaimana mengelola pemerintahan,” kata Jokowi.

“Saya dulu sebelum jadi walikota, dari pengusaha jadi walikota, saya belajarnya dua tahun,” kata Jokowi. Menurutnya, mengelola dunia usaha berbeda sekali dengan mengelola pemerintahan.

“Apalagi mengelola negara. Butuh pengalaman. Benar tidak? Oleh sebab itu jangan diberikan kepada yang masih coba-coba. Yang setuju, angkat jempol. Yang setuju, tunjuk jari di atas,” kata Jokowi kepada pendukungnya. [wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar