Politik Pemerintahan

Jokowi Dilantik, Ribuan Warga Kibarkan Merah Putih dan Syukuran di Kawah Ijen

Banyuwangi (beritajatim.com) – Ribuan warga dari berbagai lapisan membentangkan bendera merah putih di Kawasan Taman Wisata Alam Gunung Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka berasal dari ari 4 kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Jember.

“Pengibaran bendera massal ini melibatkan 2.400 orang yang berasal dari Para pengibar itu gabungan antara polisi, TNI, pegawai negeri sipil, serta masyarakat umum,” kata Kapolres Banywuangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Sabtu (19/10/2019).

Penggerak massanya, kata Kapolres Taufik, dikoordinatori oleh masing – masing polres di eks Karesidenan Besuki. “Masing-masing polres mengirim 600 orang. Disamping tiap peserta membawa bendera, di puncak Ijen juga dibentangkan bendera raksasa sepanjang 100 meter yang dikibarkan oleh 60 orang,” terang Kapolres Banyuwangi.

Aksi bertajuk Parade Merah Putih ini,¬†lanjut AKBP Taufik, digelar dalam rangka menyambut pelantikan Jokowi Widodo – KH Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019 – 2024. “Semoga pelantikan presiden dan wakilnya berjalan aman. Kami dari Jawa Timur sisi timur turut bangga,” ucapnya di Paltuding.

Sementara itu, Menurut Kapolres Jember AKBP Alfian Nurrizal, pengibaran bendera yang melibatkan 4 Polres ini dibagi dua tim. Tim pertama terdiri dari gabungan antara Polres Banyuwangi dan Jember. Sebanyak 1.200 orang berjalan menuju puncak Ijen melalui Pos Paltuding Banyuwangi. Tim ini telah dilengkapi kostum, topi, serta pita serba berwarna merah putih. Tim dua gabungan antara Polres Bondowoso dan Situbondo.

“Rombongan Situbondo – Bondowoso bergerak dari Kawah Wurung Kabupaten Bondowoso. Semua tim bertemu di puncak Ijen setelah melalui jalur pendakian yang berbeda. Mengapa Ijen kita pilih karena menjadi ikon Jawa Timur,” ungkapnya.

Di atas selain membentangkan bendera raksasa, juga digelar doa bersama dari Jawa Timur untuk Indonesia yang lebih maju. Ini sebagai wujud syukur atas pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin, Minggu (20/10/2019). (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar