Politik Pemerintahan

Jika Tarik Pelunasan BPIH, Calon Jemaah Haji Masuk Waiting List

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto, Mukti Ali

Mojokerto (beritajatim.com) – Para calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini bisa menarik kembali Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang telah mereka bayarkan karena hal tersebut merupakan hak calon jemaah. Namun hingga saat ini di Kabupaten Mojokerto, belum ada yang mengajukan penarikan kembali BPIH.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Kasi PHU), Kemenag Kabupaten Mojokerto, Mukti Ali mengatakan, jika ada para calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini bisa menarik kembali BPIH yang telah mereka bayarkan. “Karena hal tersebut merupakan hak calon jemaah,” ungkapnya, Rabu (9/6/2021).

Artinya, lanjut Mukti, jika calon jemaah menarik pelunasan BPIH maka yang bersangkutan masih punya hak untuk keberangkatan 2020. Namun jika ditarik semua baik pelunasan maupun setoran awal maka porsi haji yang bersangkutan gugur dan tidak bisa berangkat untuk keberangkatan tahun 2020.

“Jemaah jika mengambil bukti lunas maka masih punya hak keberangkatan 2020 tapi kalau diambil semuanya pelunasan dan setor awal maka nomor porsinya gugur dan tidak bisa berangkat tahun 2020. Di KMA 660, jemaah menarik pelunasan maka yang bersangkutan menjadi waiting list di tahun 2022,” jelasnya.

Sebagaimana proses pembatalan, calon jemaah hanya menyetorkan bukti lunas tahun 2020 asli, fotocopy KTP dan asli serta buku rekening. Nantinya akan diproses dan diajukan permohonan, setelah dilakukan verifikasi dan dibuat surat pengantar dari Kepala Kemenag, nanti tinggal menunggu pencairan uang ke rekening yang bersangkutan

“Calon jemaah haji Kabupaten Mojokerto yang sudah melakukan pelunasan di tahun 2020 sejumlah 1.261 orang. dari 1.261 calon jamaah haji Kabupaten Mojokerto yang melunasi BPIH tahun 2020 dan setelah terbitnya KMA Nomor 660 Tahun 2021, belum ada calon jemaah haji yang mengambil uang pelunasan BPIH,” jelasnya. [tin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar