Politik Pemerintahan

Jemput Bola untuk Cetak KIA

Ponorogo (beritajatim.com) – Langkah jemput bola tidak hanya dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo untuk perekaman KTP-el saja, mulai tahun ini juga melakukan jemput bola untuk layanan pencetakan kartu identitas anak (KIA).

Dispendukcapil menarget 120 ribu keping KIA sudah tercetak sampai akhir 2020. “Ponorogo wajib KIA sebanyak 200 ribu keping,” kata Kabid Pemanfaatan Data Inovasi dan Pelayanan Dispendukcapil Amrouji, Kamis (13/2/2020).

Amrouji mengungkapakan, tahun lalu pencetakan KIA masih terbatas. Hanya bagi masyarakat yang mengurus ke kantor Dispendukcapil. Namun, karena ada target 200 ribu tersebut, pihaknya mulai melakukan jemput bola dengan bekerjasama dengan sekolah-sekolah.

“Saat ini kami sudah menjalin kerjasama dengan 320 lembaga pendidikan. Tidak heran, kepemilikan KIA rata-rata didominasi oleh kalangan pelajar, mulai dari TK, SD/MI sampai SMP/MTS,” katanya.

Dia menyebut hingga akhir Januari lalu, pihaknya baru melakukan pencetakan sebanyak 30 ribu keping KIA. Jadi total dari 30 ribu ditambah 120 ribu yang akan dicetak hingga akhir tahun, berarti akan ada 150 ribu keping yang tercetak. “Sisa target untuk Ponorogo yang sebesar 50 ribu keping, akan dilanjutkan tahun depan,” pungkasnya. [end/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar