Politik Pemerintahan

Dialog Publik PWI dan Universitas Jember

Jember Diproyeksikan Jadi Kota Kopi Robusta

Pemkab Jember

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto memproyeksikan Kabupaten Jember, Jawa Timur, sebagai kota produsen kopi robusta terbesar. Ia akan minta bantuan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia untuk ikut mengembangkan kopi robusta di sana.

“Kita akan canangkan Jember menjadi kabupaten kopi robista terbesar se-Indonesia. Karena ratusan ribu kuintal kita menghasilkan robusta tapi tidak ada barang di mana (memasarkan) robusta itu,” kata Hendy, dalam acara dialog publik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Universitas Jember, di DPRD Jember, Kamis (4/3/2021).

“Padahal setiap ada pameran UMKM, tampilan kopi robusta kita sangat keren. Dan sekarang di dunia beralih dari arabika ke robusta. Orang yang semula minum (kopi dengan citarasa) agak asam, kini kembali ke yang ‘taste’-nya umum, kembali ke robusta. Ini kesempatan emas buat kita semua,” kata Hendy.

Agus Budi Santoso, Staf Khusus Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, membenarkan jika pihaknya ingin berkontribusi terhadap pembangunan di Jember. “Kami sejak 1911 sebagai pusat inovasi teknologi kopi dan kakao memiliki produk berbasis teknologi, mulai dari bahan tanam unggul kopi kakao, bahan tanam unggul tanaman pelindung kopi dan kakao, training center, laboratorium penguji, lembaga sertifikasi produk, dan kami punya kerjasama riset dan pendampingan yang bisa kami kontribusikan terhadap pembangunan di Jember,” katanya. Puslit Kopi dan Kakao siap mendiskusikan langkah konkret yang bisa dilakukan. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar