Politik Pemerintahan

Jembatan Kedungkandang Jadi Ikon Pembangunan Kota Malang Bagian Timur

Wali Kota Malang, Sutiaji meninjau pembangunan Jembatan Kedungkandang.

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang yakin pembangunan Jembatan Kedungkandang akan selesai sesuai target pada akhir tahun 2020. Jembatan Kedungkandang ini secara teknisi diserahkan ke Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan Jembatan Kedungkandang ini akan menjadi ikon pembangunan kawasan Kota Malang bagian timur. Kawasan ini memang sedang dikembangkan untuk menjadi pusat perekonomian hingga pariwisata oleh pemerintah setempat.

“Sudah disampaikan agar saat tahun baru sudah bisa dilewati. Sehingga, diharapkan, nanti bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Nantinya, kawasan Kedungkandang menjadi kawasan metropolitan,” papar Sutiaji, Rabu, (30/9/2020).

Pembangunan Jembatan Kedungkandang sendiri telah dilakukan sejak Agustus 2020 lalu. Saat ini, proses pengerjaan sudah mencapai 51,6 persen dan ditargetkan pada bulan Desember 2020 mendatang sudah selesai. Jembatan Kedungkandang akan terhubung langsung dengan exit tol Madyopuro, untuk memudahkan akses masyarakat keluar-masuk Kota Malang.

“Setelah ini, kami akan melakukan pengerjaan beton dan pengecoran. Ditargetkan, selesai pada 9 November 2020 mendatang. Kemudian, menunggu keringnya cor selama 21 hari. Setelah itu diaspal. Sehingga, Desember sudah selesai, bisa dibuat tahun baruan,” ujar Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Hadi Santoso.

Sony panggilan akrab Hadi Santoso menyebut, selain proses pembangunan jembatan pihaknya juga akan melakukan pelebaran jalan untuk mempermudah akses. Pelebaran jalan ini dilakukan agar arus lalu lintas tidak crowded dan akan menyambung dengan jalur exit tol.

“Nantinya, kalau sudah jadi, kawasan jalan mulai dari Jalan Ki Ageng Gribig hingga KH Malik Dalam sudah diajukan sebagai akses jalan nasional. Untuk bagian bawah jembatan ada ruang kosong. Ini rawan difungsikan untuk jadi hal yang lain. Untuk itu, kami akan fungsikan jadi taman,” tandas Sony. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar