Politik Pemerintahan

Jelang Wukuf, Satu Jemaaah Calon Haji Sumenep Dirawat di RS Arab Saudi

Soeratno, jemaah haji asal Pacitan yang meninggal dunia di Medinah pada Senin (15/7/2019).

Sumenep (beritajatim.com) – Satu Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Sumenep dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi karena kondisi kesehatannya menurun.

Jemaah tersebut atas nama Siti Julia Suryadi (62), asal Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean. Kondisi JCH tersebut lemah karena usianya sudah lanjut.

“Jemaah itu kemungkinan besar tidak bisa ikut melaksanakan wukuf bersama yang lain, karena kondisi kesehatannya belum memungkinkan,” kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep, Moh Rifa’i Hasyim, Jumat (09/08/2019).

Ia menjelaskan, untuk jemaah yang sakit tersebut akan diikutkan dalam Safari Wukuf yang dilaksanakan oleh Satuan Operasional Arafah Musdalifah Mina menggunakan ambulans.

“Kalau untuk jemaah lainya sudah mulai persiapan wukuf di Arafah besok. Alhamdulillah, jemaah lainnya dalam kondisi sehat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, petugas haji saat ini lebih intensif mengawasi dan menjaga para JCH, terutama mereka yang sudah lanjut usia.

“Dengan pengawasan itu, diharapkan para jemaah bisa melaksanakan ibadah dengan khusyuk,” ujarnya.

Pada tahun 2019, jumlah jemaah calon haji Kabupaten Sumenep sebanyak 752. Mereka terbagi atas dua kloter yakni kloter 06 sebanyak 445 orang dan kloter 07 sebanyak 307 orang. Untuk kloter 07 digabung dengan jemaah calon haji asal Surabaya sebanyak 138 orang.

“Semoga para jemaah haji Sumenep tidak mengalami kendala apapun saat melaksanakan rukun haji, dan menjadi haji mabrur,” ucap Rifai. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar