Politik Pemerintahan

Jelang Pilwali Surabaya, KPU Buka Ratusan Lowongan PPK/PPS

Surabaya (beritajatim.com) – Jelang pelaksanaan gelaran Pilwali Surabaya 2020, KPU Kota Surabaya membuka ratusan lowongan penyelenggara pemilu di level Kecamatan dan Kelurahan. Total, 617 lowongan terbuka.

Subairi selaku Komisioner Divisi SDM KPU Kota Surabaya mengungkapkan jika jumlah total lowongan yang ada merupakan gabungan dari kebutuhan untuk PPK dan PPS. “Untuk PPK ada 155 orang. Sedangkan PPS 462 orang,” jelasnya dalam media gathering KPU Surabaya, Senin (30/12/2019).

Pria yang akrab disapa Bairi ini lebih lanjut menjelaskan jika pada momen kali ini kaum hawa lebih memiliki peluang. “Karena ada porsi keterlibatan perempuan sebesar 30 persen,” ujarnya.

“Jadi dengan aturan itu, secara otomatis perempuan memiliki peluang lebih besar. Karena kan kalau dibandingkan yang laki-laki, belum apa-apa sudah leading 30 persen,” tambah Bairi.

Baca Juga:

    Terkait jadwal pendaftaran, KPU Kota Surabaya membagi jadwal pendftaran menjadi dua gelombang. “Untuk PPK mulai 15 Januari hingga 14 Februari 2020. Sedangkan PPS 15 Februari hingga 14 Maret 2020,” beber Bairi.

    Bairi pun mengungkapkan jika selama ini pendaftaran PPK maupun PPS bisa dibilang sepi peminat. Untuk itu, Ia berharap dalam rangka penyelenggaraan Pilwali Surabaya 2020 ini lebih semarak.

    “Berkaca pada Pilgub Jatim 2018 lalu, pendaftar terbanyak ada di Kecamatan Wonokromo. Itu pun jumlahnya hanya 24 orang,” tegas Bairi.

    “Untuk gaji, ada peningkatan meskipun tidak seberapa. Ketua PPK akan bergaji 2.200.000 Rupiah dan anggotanya bergaji 1.900.000 Rupiah,” pungkasnya. [ifw/but]





    Apa Reaksi Anda?

    Komentar