Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Jelang Pilkades di Bangkalan, 19 Desa Belum Bentuk P2KD

Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bangkalan (Foto: Zamachsari/beritajatim.com).

Bangkalan (beritajatim.com) – Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) di Kabupaten Bangkalan, belum rampung. Padahal dealine pembentukan panitia tersebut kurang 4 hari lagi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Hosin Jamili mengatakan, pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap dua ini akan dilaksanakan di 149 desa. Sementara saat ini, sebanyak 130 desa telah melakukan pembentukan P2KD.

“Alhamdulillah sudah ada 130 desa yang sudah selesai membentuk P2KD, sisanya sedang dalam proses,” tuturnya, Selasa (27/9/2022).

Rencananya, Pilkades tahap kedua itu akan diselenggarakan pada tahun 2023 mendatang. Ia berharap, dalam pemilihan tersebut situasi di bawah tetap kondusif.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bangkalan, Raditya Ardiansyah mengatakan, nantinya belasan desa tersebut tidak segera membentuk P2KD, maka akan difasilitasi oleh Tim Fasilitasi Pemilihan Kepala Desa (TFPKD) Kabupaten Bangkalan.

“Akan difasilitasi kecamatan atau sub TFPKD,” jelasnya.

Diketahui, 19 desa tersebut yakni Desa Mangkon, Desa Dabung, Bulukagung, Tanjung Bumi, Kelbung, Karang Panasan, Rosep, Nyormanes, Karang Nagkah, Bates, Karang Gayam.

“Ada juga Desa Kajuanak, Batah Barat, Paoran, Kwanyar Barat, Gunong Sereng, Bunajih, Pocong dan Tanah Merah Laok,” pungkasnya. [sar/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar