Politik Pemerintahan

Jelang Pensiun, ASN Banyuwangi Tidak Boleh Kendor

Banyuwangi (beritajatim.com) – Pemkab Banyuwangi mempersiapkan mental para birokratnya yang telah mendekati purna tugas. Kabupaten berjuluk The Sunrise of Java itu mendatangkan pakar komunikasi dan motivator Dr. Aqua Dwipayana untuk memberikan pembekalan kepada ratusan ASN yang akan pensiun pada 2019 ini.

Kegiatan tersebut digelar di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk memotivasi pegawai yang memasuki usia pensiun agar tetap bersemangat dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Meski sudah hampir pensiun, kualitas kerja harus tetap dijaga. Jangan asal-asalan. Maka, pembekalan seperti ini perlu agar semangat mereka tidak kendor untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Anas, Kamis (21/2/2019).

Selain itu, kata Anas, pembekalan tersebut juga untuk mempersiapkan mental ASN yang akan purna bakti pada tahun 2019. Tercatat ada 499 ASN yang akan mengakhiri masa kerjanya pada tahun ini.

“Banyak pegawai yang belum siap mental saat pensiun. Tak sedikit juga yang mengalami post power syndrome karena tidak lagi dihormati dan disegani seperti saat dia menjabat. Akhirnya malah jadi sakit-sakitan. Saya tidak ingin ASN kita mengalami hal tersebut. Nah, lewat kegiatan ini kami ingin membuka wawasan mereka bahwa usia pensiun bukan halangan untuk tetap berkarya. Mereka tetap bisa berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat,” tegas Anas.

Anas menambahkan, ada banyak hal yang masih bisa dilakukan setelah pensiun, misalnya berwirausaha , aktif dalam kegiatan sosial, dan masih banyak lainnya. “Intinya, meski sudah pensiun tidak boleh nglokro (lemas). Harus tetap produktif dan beraktivitas seperti saat mereka masih aktif menjadi ASN,” imbuhnya.

Sementara itu, konsultan komunikasi dan motivator Dr. Aqua Dwipayana memotivasi ratusan ASN yang hampir habis masa baktinya tersebut agar tidak terjebak post power syndrom. “Masa pensiun bukan akhir dari segalanya, justru ini adalah awal dari keberhasilan berikutnya. Jangan terjebak post power syndrome,” kata Aqua.

Agar terhindar dari hal tersebut, Aqua pun berbagi tips kepada ratusan ASN yang hampir habis masa kerjanya itu. “Tetaplah bersyukur karena mampu menjalankan tugas sebagai ASN hingga akhir masa kerja. Hadapi hal ini dengan rasa senang. Yakinlah Allah tetap memberikan rezeki untuk anda dan keluarga,” ujar mantan wartawan senior itu.

Salah satu peserta, Peni Handayani mengaku senang dengan kegiatan ini. “Sangat bermanfaat buat saya. Jadi terinspirasi untuk bikin usaha. Kalau ada pembekalan skill-nya juga tambah bagus, bisa menambah keterampilan saat buka usaha nanti,” ujar Staf Ahli berusia 59 tahun itu. [rin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar