Politik Pemerintahan

Jelang Pemilu, Pemkab Malang Siagakan 24.968 Personil Linmas

Malang (beritajatim.com) – Sedikitnya 24.968 Satuan Linmas Pemkab Malang di siagakan jelang pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang.

Puluhan ribu personil Linmas itu, akan diterjunkan untuk membantu pengamanan jalannya pesta demokrasi tahun ini. Dalam Apel Kesiapsiagaan dan Gelar Simulasi Satlinmas, di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Rabu (10/4/2019), mereka diharapkan ikut menjaga dan mengamankan Pemilu damai. 

“Seluruh personil Linmas ini, akan mulai bekerja melakukan pengamanan sejak H-1 sampai tahapan pemilu selesai,” ujar Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Malang, Teddy Wiryawan.

Menurut Teddy, seluruh personil Satlinmas yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2019, dibagi menjadi beberapa titik. Untuk pengamanan langsung di tempat pemungutan suara (TPS), sebanyak 16.818 personil. Setiap TPS akan dijaga oleh dua personil Linmas. Total TPS di Kabupaten Malang sebanyak 8.409.

Kemudian pengamanan tidak langsung di tingkat desa atau kelurahan, sebanyak 7800 personil. Dimana setiap desa atau kelurahan dijaga 20 orang. Lalu ditingkat kecamatan dijaga 330 personil, dengan satu kecamatan sebanyak 10 personil.

“Sedangkan untuk pengamanan di tingkat Kabupaten Malang, kami siagakan sebanyak 20 personil,” paparnya.

Teddy menjelaskan, bahwa apel kesiapsiagaan dan gelar simulasi Satlinmas ini, untuk melihat kesiapan personil. Sekaligus memberikan pembekalan kepada anggota Linmas, supaya saat melakukan pengamanan Pemilu 2019 tidak sampai melakukan kesalahan.

Sementara itu, apel kesiapsiagaan dan gelar simulasi Satlinmas, inspektur upacara dipimpin oleh Dandim 0818 wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu, Letkol Inf Ferry Muzawwad. Dalam sambutannya, Ferry selaku Pembina Satlinmas Kabupaten Malang, menyampaikan amanat Bupati Malang.

“Apel ini, selain untuk melihat kesiapan personil, juga memberikan edukasi kepada personil Satlinmas. Baik yang bertugas di TPS, desa atau kelurahan serta di kecamatan. Tujuannya supaya tercipta satu visi yang sama, yakni menciptakan Pemilu 2019 yang aman, nyaman serta kondusif,” terang Ferrry Muzawad.

Ferry menyampaikan bahwa peran Linmas, sangat penting dalam pengamanan Pemilu 2019. Karena keberadaannya membantu petugas keamanan, baik Polri maupun TNI. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar