Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Hasil Survei ARCI di Sidoarjo

Jelang Pemilu 2024, Anggota DPRD Sidoarjo Termuda Ini Trennya Naik

Sidoarjo (beritajatim.com) – Lembaga survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil surveinya di Sidoarjo, Rabu (18/5/2022). Dari rilis tersebut nama politisi muda Partai Demokrat Sidoarjo, Zahlul Yussar terekam dengan elektabilitas yang terus naik menjelang kontestasi Pilkada Sidoarjo di tahun 2024 nanti.

Zahlul Yussar merupakan Anggota DPRD Sidoarjo termuda tersebut populer di kalangan warga Sidoarjo. Hasil survei ARCI saat responden disodorkan pertanyaan nama-nama Calon Wakil Bupati Sidoarjo (Cawabup), nama Zahlul Yussar disebut responden cocok sebagai Wakil Bupati Sidoarjo.

“Survei yang kami lakukan 11 April hingga 25 April dengan pertanyaan ke responden nama nama Calon Wakil Bupati Sidoarjo, muncul nama Politisi Muda Partai Demokrat, Zahlul Yussar dengan presentase 4,3 persen,” kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat rilis hasil surveinya di Sidoarjo, Rabu (18/5/2022).

“Meski diangka 4,3 persen, nama Zahlul Yussar patut diperhitungkan di kontestasi Pilkada Sidoarjo tahun 2024 nanti. Sebab dia mencerminkan kaum millenial atau kaum muda,” jelasnya.

Baihaki mengungkapkan jika Zahlul Yussar sebagai politisi muda mencerminkan kalangan muda atau kalangan millenial.

Responden kalangan millenial mengenal Zahlul sebagai tokoh muda dengan segala inovasinya dan juga dikenal di Media Sosial atau Medsos di Kota Delta.

“Pemilih millenial atau kalangan muda saat ini sudah mulai melek politik. Kaum millenial mengingginkan pemimpin yang mempunyai inovasi, itulah yang mencerminkan mereka ingin sosok muda menjadi Pemimpin. Kalau di Sidoarjo politisi muda ya Zahlul Yussar karena dia Anggota DPRD Sidoarjo termuda saat Pemilu tahun 2019 lalu itu,” ungkap Baihaki

Lebih jauh Baihaki menjelaskan, jika tren elektabilitas Partai Demokrat di Sidoarjo menunjukkan kenaikan. Jika pada survei ARCI bulan Januari lalu Partai Demokrat elektabilitas diangka 3,8 %, survei kami di bulan April menunjukkan kenaikkan diangka 5,1 %. “Ada tren kenaikkan elektabilitas Partai Besutan Agus Harimurti Yudhoyono di Sidoarjo,” imbuhnya.

Lebih jauh Baihaki menegaskan jika survey ARCI dilakukan pada 11-25 April 2022, dengan jumlah responden proporsional. “Survei ini menggunakan multistage random sampling dengan jumlah 400 responden dengan margin of error kurang lebih 5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebersar 20 %, sampel didatangi kembali oleh supervisor (spot chek) dalam kualiti kontrol dan tidak di temukan kesalah yang berarti. Wawancara dilakukan dilapangan tanggal 11 April hingga 25 April 2022,” pungkasnya. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar