Politik Pemerintahan

Jelang MTQ Jatim di Tuban, Kemenag Tentukan Arah Kiblat di Hotel-hotel

Sekda Tuban bersama Kepala Kemenag Tuban saat melihat pengukuran arah kiblat di salah satu hotel yang ada di Kota Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Dalam menyambut persiapan pelaksanaan MTQ Jawa Timur yang akan berlangsung di Tuban, pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban melakukan inovasi Kiblat Sundul Pas (KISPAS) yang dikembangkan tim Badan Rukyat Hilal (BHR), Rabu (2/10/2019).

Kispas tersebur merupakan inovasi yang bisa digunakan untuk mempermudah proses pengukuran dan penentuan arah kiblat. Dalam beberapa haru terakhir ini pihak Kemenag Tuban sendiri telah melakukan penentuan arah kiblat di sejumlah hotel yang ada di Kabupaten Tuban.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Sahid menyatakan bahwa terciptanya alat Kispas ini dilatarbelakangi kegiatan penentuan arah kiblat di hotel dan penginapan yang dilakukan tim BHR Kabupaten Tuban. Yakni dalam rangka menyukseskan MTQ Jatim ke-28 di Kabupaten Tuban.

“Kita pastikan seluruh hotel dan penginapan yang ada di Tuban ini akan diukur arah kiblatnya sesuai dengan ketentuan,” terang Sahid, Kepala Kemenag Tuban.

Sahid menambahkan, jika alat Kispas tersebut dinilai efektif, efisien, dan akurat. Di samping itu, alat pengukur arah kiblat itu telah melalui beberapa kajian dan pertimbangan tim BHR Kemenag Tuban. Sehingga akan mempermudah kerja pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengukuran arah kiblat.

“Selain mengukur arah Kiblat di hotel-hotel, kita juga telah melakukan pengukuran dan penentuan arah kiblat di beberapa mushola di Kabupaten Tuban.┬áKami juga telah memperkenalkan alat Kispas ke Kemenag Jawa Timur dan Kemenag lainnya di luar Kabupaten Tuban,” paparnya.

Sementara itu, Budi Wiyana, Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban menyampaikan apresiasi atas inovasi yang digagas Kemenag Tuban bersama tim BHR Kabupaten Tuban. Hadirnya alat ini akan sangat membantu dalam meminimalkan kesalahan penentuan arah kiblat khususnya di wilayah Tuban.

“Tim BHR akan dapat memastikan dan menentukan arah kiblat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Upaya ini selaras dengan visi Kabupaten Tuban mewujudkan masyarakat yang lebih religius. Sekaligus, sejalan dengan branding Kabupaten Tuban sebagai Bumi Wali,” kata Budi Wiyana, Sekda Tuban. [mut/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar