Politik Pemerintahan

Jelang Lebaran, Bupati Jombang Ingatkan Tsunami Covid-19 di India

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab

Jombang (beritajatim.com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab berharap ledakan Covid-19 di India, tidak terjadi di Indonesia. Untuk itu, Bupati Jombang berharap masyarakat benar-benar menaati larangan mudik pada Idul Fitri tahun ini.

“Larangan mudik ini wajib dipatuhi masyarakat. Karena hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 lebih banyak lagi setelah Idul Fitri. Jangan sampai mengulang kejadian di India. Tsunami Covid-19 di India timbul setelah penyelenggaraan Festival Agama di Sungai Gangga,” imbau Bupati Mundjidah, Selasa (11/5/2021).

Imbauan tersebut disampaikan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat konferensi pers terkait persiapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Acara berlangsung di pendapa Pemkab setempat. Bupati didampingi didampingi Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Asisten 3 Hari Oetomo, Kepala Dinas Kominfo Budi Winarno dan Kabag Prokopim Agus Djauhari.

Bupati Mundjidah juga membeberkan kondisi terkini Covid-19 di Kota Santri. Saat ini, lanjut Mundjidah, Jombang masuk dalam zona oranye. Hingga 10 Mei 2021 pukul 12.00, total kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Jombang sebanyak 4.740 Kasus.

Dari jumlah itu, total kematian sebanyak 515, kemudian sembuh 4.188, dan pasien yang masih dirawat 37 Orang. “Di Kabupaten Jombang terdapat 1 Kecamatan yang berada pada zona oranye, yaitu Kecamatan Jombang,” kata Bupati Mundjidah.

Disampaikan Bupati Jombang bahwa sesuai dengan anjuran pemerintah pusat, serta Surat Edaran Mendagri terkait larangan mudik mulai tanggal 6-17 Mei 2021, wajib untuk dipatuhi. Larangan Mudik 2021 diatur dalam Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 dari Satgas Penanganan Covid-19 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

“Sementara pengetatan bepergian tertuang dalam Addendum Surat Edaran Satuan Tugas (SE Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021. Sekali lagi kami meminta agar masyarakat mematuhu larangan mudik ini,” pungkas Bupati Jombang. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar