Politik Pemerintahan

Jelang Debat Capres, Ini Catatan Suko Widodo

Dr Suko Widodo

Surabaya (beritajatim.com) – Debat Capres akan segera berlangsung beberapa jam lagi. Salah satu rangkaian tahapan Pemilu 2019 ini diperkirakan bakal menyedot perhatian hampir mayoritas masyarakat Indonesia.

Terkait debat Capres, pakar komunikasi asal UNAIR Suko Widodo membuat beberapa catatan. “Debat adalah pertukaran pendapat mengenai topik tertentu dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing,” katanya, Kamis (17/1/2019).

“Beberapa catatan tentang prinsip efektif debat adalah: pertama, pertanyaan hendaknya disampaikan dengan jelas. Publik umumnya tidak bisa menerima kalimat yang menghina, merendahkan, atau komentar yang menyerang pribadi”.

Kedua, Ketrampilan beretorika. Termasuk pemilihan kalimat sangat menentukan reputasi kapabilitas penampilan berdebat. Ketiga, berfokus pada topik akan meneguhkan kualitas kandidat. Keempat, Kalimat yang disampaikan secara logis akan diterima oleh publik. Kelima, bukti yang sahih akan meningkatkan mutu pesan yang dibangun peserta debat,” jelas pria yang akrab disapa Sukowi itu.

Lebih lanjut, Ia turut menjabarkan tentang prinsip utama debat. Menurutnya, hal itu adalah seputar penyampaian argumentasi. “Siapa yang bisa menyampaikan dengan logika baik, disertai bukti sahih dan disampaikan dengan pilihan bahasa yang akurat serta intonasi yang indah akan menarik simpati,” ujar Suko Widodo

“Pesan penting untuk peserta debat: kuasai topik, percaya diri, jangan gugup dan kendalikan emosi,” pungkas pria yang namanya masuk dalam bursa Pilwali Surabaya 2020 itu. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar