Politik Pemerintahan

Jelang Coblosan Pilkada Sidoarjo, Elektabilitas BHS-Taufiqulbar Unggul Versi ARC Indonesia

Sidoarjo (beritajatim.com) – Berdasar hasil survei dari Lembaga Survei Accurate Research and Consulting (ARC) Indonesia tentang Pilkada Sidoarjo 2020, elektabiltas Paslon Nomor 1 Bambang Haryo Soekartono (BHS)-Taufikulbar unggul dari dua paslon lainnya.

“Iya benar, survey kami terakhir yang unggul BHS-Taufikulbar sebesar 39,41 %. Itu survey pada tangal 4 Desember 2020,” kata Direktur Eksekutif ARC Indonesia, kata Baihaki Siraj, Minggu (6/12/2020).

Kemudian di posisi nomor dua, adalah H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor)-H. Subandi yang elektabiltasnya sebesar 34,92 %. Dan terakhir Kelana Aprilianto-Dwi Astutik sebesar 22,15 %. “Responden yang menjawab tidak tahu 3,52 %,” beber Baihaki.

Baihaki menjelaskan, dari elektabilitas yang ada, Paslon BHS-Taufikulbar itu unggul kurang lebih 4 % lebih dari Gus Muhdlor-Subandi. “Bila para calon bisa maksimal menggarap pemilih yang belum menentukan pilhan, maka potensi berubah itu ada,” tukas Baihaki.

Selain itu, lanjut Baihaki, yang terpenting adalah bagaimana soliditas dukungan BHS-Taufikulbar bisa dijaga. “Bila bisa dijaga hingga hari H, dan tetap menggarap pemilih yang belum menentukan pilihan, maka bisa dipastikan BHS-Taufikulbar bisa aman dan meraih kemenangan,” papar Baihaki.

Menurut Baihaki, ARC Indonesia melakukan survei dari tanggal 20 November hingga 01 Desember 2020. Dengan jumlah sampling 1000 responden, sedang metode stratified multistage random sampling dengan margin error kurang lebih 3 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar