Politik Pemerintahan

Jelang Kongres PDIP

Jatim Bulat Megawati Ketum PDIP, Bagaimana Kaderisasi dan Regenerasi?

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi menegaskan pada Kongres PDIP yang akan digelar pada 8-10 Agustus mendatang, Jatim akan bulat mendukung Megawati Soekarnoputri terpilih kembali sebagai Ketua Umum.

Konfercab serentak se-Jatim yang akan digelar pada Minggu (7/7/2019) lusa adalah tahapan proses menuju Kongres PDI Perjuangan, yang akan digelar 8-10 Agustus 2019.

“Di dalam Rakercab dan Rakerda kemarin sudah ada keputusan secara resmi dari seluruh struktur partai, calon untuk ketua umum di Kongres dari Jawa Timur hanya ada satu yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri. Kami juga akan perjuangkan di Kongres, formaturnya nanti menjadi formatur tunggal. Tentang bagaimana nanti komposisi kepengurusan DPP PDIP, kami serahkan ke Ibu Ketua Umum ,” tegas Kusnadi didampingi Sekretaris PDIP Jatim, Sri Untari di kantor DPD PDIP Jatim, Jumat (5/8/2019).

Bagaimana dengan regenerasi dan kaderisasi di tubuh PDIP? “Mungkin juga ada yang menyatakan bahwa kalau begitu kan proses kaderisasi dan regenerasi itu tidak terjadi. Regenerasi tetap terjadi, tapi bukan pada level ketua umum. Melainkan regenerasi pada level pengurus DPP, DPD, DPC bahkan PAC sampai ranting. Itu proses regenerasi terjadi dan alamiah terjadinya,” tukasnya.

Sejak Pemilu multi partai tahun 1999, pasca Orde Baru, menurut dia, hanya PDI Perjuangan yang mampu mencapai prestasi itu, yakni menang dua kali berturut-turut. “Ini memang satu prestasi yang luar biasa, walaupun ini adalah kerja kami bersama. Di bawah kepemimpinan Ibu Ketua Umum ini, PDIP dua kali berturut-turut memenangkan baik itu Pileg dan Pilpres. Itu sejarah,” imbuh Sekretaris PDIP Jatim, Sri Untari.

Pemilu 2019 juga menjadi catatan istimewa bagi PDI Perjuangan Jawa Timur. “Sepanjang sejarah, baru kali ini PDI Perjuangan berhasil gemilang memenangkan Pemilu di Jawa Timur. PDI Perjuangan mendapatkan 27 kursi di DPRD Jawa Timur, sehingga akan memimpin DPRD Jatim dalam lima tahun ke depan. Kita tahu semua bahwa Jatim adalah rumahnya saudara kita Nahdliyyin,” pungkasnya. [tok/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar