Politik Pemerintahan

Jaring Wirausaha Muda, Wagub Emil Promosikan Perwira di Bakorwil Bojonegoro

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat melakukan promosi Perwira di EJSC Bakorwil Bojonegoro.

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pemuda Wirausaha (Perwira) merupakan salah satu program Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang membuka ruang seluas-luasnya bagi pemuda yang akan berwirausaha. Program Perwira ini gencar dipromosikan untuk mencari wirausaha muda yang kreatif dan inspiratif, Senin (7/6/2021).

Untuk mendukung program tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak terus melakukan promosi untuk mencari wirausahawan muda yang inspiratif tersebut. Termasuk di East Java Super Corridor (EJSC) Bakorwil Bojonegoro. Setelah sebelumnya juga dipromosikan hal di Kota Surabaya dan Kota Malang.

Menurut Emil Dardak, panggilan akrab Wagub Jatim, Perwira adalah salah satu ajang membuka peluang seluas-luasnya bagi pemuda Jatim untuk berwirausaha. Dimana, mereka bisa menjadi teladan dan inspirasi di Jatim dalam kewirausahaan. Selain itu, Jatim tetep potensial membuat anak muda membangun usahanya.

“Saya ingin mendukung inisiatif yang dilakukan Perwira. Makanya saya keliling untuk mempromosikan Perwira termasuk ke Bojonegoro. Kesempatan ini jangan sampai menumpuk di Surabaya dan Malang saja, karena Jatim itu luas cakupannya seperti Bojonegoro, Pamekasan, Jember,” kata Emil.

Dijelaskan, ada tiga hal penting yang dicari dalam Perwira. Diantaranya right person atau orang yang tepat, right idea atau idenya tepat, serta right journey atau perjalanannya menarik dan menginspirasi. “Itu yang mengantarkan sesuai passionnya masing-masing. Kita akan menghasilkan pemuda yang menginspiratif ratusan ribu pemuda lainnya di Jatim,” jelasnya.

Karena itu, mantan Bupati Trenggalek itu berharap, Perwira menjadi role model untuk pemerintah provinsi lainnya. Sebab, melalui Perwira bisa mencetak pengusaha muda atau pemuda berwirausaha. “Pemprov lain bisa menduplikasi program ini untuk mencetak pengusaha muda,” pungkasnya.

Sementara Founder RealFood Erwin Pranata mengatakan, menciptakan sesuatu itu bukan berdasarkan kompetisi. Tetapi menciptakan sesuatu produk yang dibuat memiliki nilai tambah yang lebih baik dibandingkan yang ada di pasar. “Salah satu saran bagaimana menciptakan creative monopoly. Mindset menciptakan sebuah produk dan service yang berbasis jangan ikut-ikutan,” pungkasnya.

Sementara itu, kompetisi Perwira sendiri akan dibuka secara online untuk 8 kabupaten/kota di Jatim. Diantaranya, Surabaya, Malang, Gresik, Pamekasan, Bojonegoro, Ngawi, Madiun, dan Jember. Dari semua pendaftar nantinya akan diseleksi menjadi 20 orang mengikuti inkubasi. Untuk melaju ke Grand Final, mereka akan diseleksi lagi hingga menjadi 12 orang. [lus/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar