Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Jaring Caleg Terbaik, Parpol di Gresik Mulai Konsolidasi

Foto dok.

Gresik (beritajatim.com) – Tahapan pemilihan umum tahun 2024 sudah dimulai. Sejumlah partai politik (parpol) di Kabupaten Gresik mulai melakukan konsolidasi menjaring caleg atau kader terbaik bertarung di pemilihan legislatif (Pileg).

Terkait dengan itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah membuka pendaftaran. Dilanjutkan dengan proses verifikasi hingga 13 Desember 2022 mendatang. Nantinya penetapan peserta pemilu akan diputuskan pada 14 Desember 2022.

PDI-P Gresik misalnya. Partai berlambang kepala banteng itu siap menjalani verifikasi administrasi yang akan dilakukan KPU Gresik.


“Kami memasukkan 1.900 sekian kader didata sipol. Jumlah ini lebih dari persyaratan yang ditetapkan KPU,” kata Ketua DPC PDI-P Gresik Mujid Ridwan, Minggu (14/08/2022).

Ia menambahkan, selama proses verifikasi tidak ada masalah dan berjalan lancar. Bahkan, partai dengan 6 kursi di legislatif itu terus menguatkan barisan di tingkat pengurus anak ranting (PAC).

“Kami optimistis dan terus berupaya menaikan jumlah kursi. Setidaknya mendapatkan perolehan 10 kursi di pileg nanti,” imbuhnya.

Sementara itu, DPC Partai Gerindra juga tengah menyiapkan strategi untuk mendongkrak elektabilitas partai. Pihaknya memahami bahwa para pemilih di 2024 nanti didominasi oleh kalangan millenial.

“Pada pileg mendatang mayoritas pemilih didominasi usia 18-35 tahun,” ujar Ketua DPC Gerindra Gresik Asluchul Alif.

Dirinya optimistis melalui strategi itu, menjadi utama Gerindra mendongkrak perolehan kurilsi di legislatif, dari 8 kursi menjadi 12 kursi.

“Selain Pileg, kami juga punya kewajiban memenangkan Calon Presiden yang diusung oleh DPP Partai Gerindra yaitu Ketua Umum Prabowo Subianto,” ungkapnya.

Sementara itu, KPU Gresik terus melakukan persiapan jelang Pemilu 2024. Tahapan tersebut diatur dalam Peraturan KPU nomor 4 tahun 2022. Sejauh ini, tidak banyak perubahan signifikan terkait mekanisme pendaftaran parpol calon peserta pemilu dibandingkan 2019 lalu.

“Tidak banyak perubahan hanya proses verifikasinya saja yang berbeda,” pungkas Ketua KPU Gresik Akhmad Roni. [dny/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev