Politik Pemerintahan

Jaring Aspirasi di Kota Kediri, Anggota DPR RI Prioritaskan Program RTLH

Kediri (beritajatim.com) – Anggota Komisi VIII DPR RI, Nurhadi melaksanakan agenda reses di Kelurahan Kaliombo, Kecamatan Kota, Kota Kediri. Pihaknya menyampaikan program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk masyarakat di RW 01.

“Kami akan memprioritaskan program RTLH khsus di wilayah ini, agar bias diajukan perbaikan dan tidak harus melalui BDT (Basis Data Terpadu),” kata politisi Partai NasDem ini kepada masyarakat.

Masih kata pakdhe Nurhadi, masyarakat yang memperoleh program ini wajib memenuhi syarat pokok. Persyaratan itu antara lain, hak pemilikan tahan sendiri yang dibuktikan dengan seritifikat tanah, bukan kontrakan.

”Nanti, pengajuannya akan dimusyawarahkan terlebih dahulu bersama tokoh masyarakat setempat,” tambahnya.

Komisi VIII DPR RI membidangi Kesehatan, Sosial dan Agama. Untuk itu, setiap agenda reses, pihaknya selalu menyelipkan agenda pengobatan gratis bagi masyarakat setempat.

Reses ini sendiri dimanfaatkan untuk silaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat. Persoalan tersebut ditampung untuk dilakukan pemecahan.

Yeni (45) pemilik usaha laundry setempat mengusulkan, adanya bantuan untuk mendukung pemberdayaan maupun pengembangan usahanya. Hal yang sama diutarakan oleh Rahmawati pemilik usaha kuliner.

Menanggapi usulan warganya, Pakdhe Nurhadi menjelaskan, bahwa permohonan bantuan bisa ditindak lanjuti bagi yang telah memiliki usaha sebelumnya. Namun, mereka harus terwadahi dalam sebuah kelompok.

“Harus beranggotakan 10 orang dalam kelompok itu. Tidak bisa perseorangan. Yang penting tidak boleh fiktif apalagi abal-abal. Nanti akan dikoordinasikan dengan Ketua RW setempat, “ jelasnya.

Acara reses di Kelurahan Kaliombo dihadiri sekitar 150 orang warga setempat. Mereka yang datang merasa mendapatkan pencerahan dan harapan baru. Kegiatan tersebut akhirnya ditutup dengan foto bersama. [nng/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar