Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Jalan Protokol dari Mangli ke Alun-alun Jember akan Dibuat Satu Jalur

Bupati Hendy Siswanto saat meninjau pengaspalan Jalan Cendrawasih

Jember (beritajatim.com) – Lalu lintas jalan nasional dari perempatan Kelurahan Mangli hingga alun-alun yang meliputi Jalan Hayam Wuruk, Jalan Gajah Mada, dan Jalan Sultan Agung di Kabupaten Jember, Jawa Timur, akan dibuat satu arah.

Jalan nasional tersebut merupakan jalur utama dari Surabaya ke Kabupaten Banyuwangi via Kabupaten Jember.

Berdasarkan Google Map, panjang jalan dari perempatan Mangli hingga alun-alun sekitar enam hingga tujuh kilometer. Selama ini jalan nasional tersebut memiliki lajur dua arah, ke barat dan ke timur. Lajur satu arah ke barat baru dimulai di Jalan Gajah Mada setelah Lippo Plaza.

“Traffic management di kota nanti rencananya kami akan bikin satu jalur. Jalur utama dari (perempatan Perumahan) Argopuro ke alun-alun. Terus rencana jangka panjangnya dari Mangli sampai ke alun-alun itu satu jalur (dari barat ke timur). Jadi kalau ke barat, berputar seperti air mancur,” kata Bupati Hendy Siswanto, Senin (28/9/2021).

Dengan demikian, jalur lalu lintas di sisi utara dan selatan akan ramai. “Jalan kecil-kecil ramai. Ini untuk pertumbuhan ekonomi kita. Pemerataan distribusi jalur,” kata Hendy. Nantinya Jalan Cendrawasih yang selama ini cenderung sepi akan menjadi penopang utama jalur lalu lintas.

Uji coba akan dilakukan sekitar satu dua bulan lagi, dimulai dari perempatan Perumahan Argopuro ke alun-alun. “Belum sampai Mangli,” kata Hendy. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar