Politik Pemerintahan

Jalan Ponorogo – Pacitan Amblas, DPU Binamarga Jatim Kebut Perbaikan

Ponorogo (beritajatim.com) – Amblasnya ruas jalan jalur Ponorogo – Pacitan, tepatnya di kilometer 226 Jatim/kilometer 32 Ponorogo, tepatnya masuk Desa Wates Kecamatan Slahung harus segera ditangani. Karena merupakan jalur niaga untuk mencukupi segala kebutuhan baik yang masuk ke Pacitan maupun sebaliknya. Untuk itu petugas dari Dinas Pekerjaan Umum Binamarga Provinsi Jawa Timur langsung meninjau jalan yang amblas tersebut.

Kepala UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan Madiun Dinas Pekerjaan Umum Binamarga Provinsi Jawa Timur Marijatoel Kittijah yang berada di lokasi mengungkapkan, pihaknya untuk penangan sementara jalan yang bolong akan dipasang bronjong. Kemudian diurug lagi untuk menormalisir badan jalan sambil melihat perkembangan keadaan jalan itu seperti apa.

Selain itu, juga akan memotong tembok penahan tanah yang berada di sisi kanan jalan. Sehingga badan jalannya bisa sedikit geser ke kanan. Marijatoel menyebut jika menggeser badan jalannya ini hanya sedikit, karena ini hanya penanganan darurat. Kemudian jalan yang amblas tidak terlalu dalam di sekitar lokasi juga akan dilakukan normalisasi permukaannya.

“Mulai besok dikerjakan, karena saat ini harus mempersiapkan tenaga dan bahan-bahannya,” katanya.

Penyebab amblasnya ruas jalan ini, kata Marijatoel diduga karena adanya air didalam tanah yang berada di bawah jalan. Pihaknya tahun lalu sudah melakukan penyelidikan geolistik dengan pakar dari Universitas Gajah Mada (UGM). Hasilnya sampai 30 meter ke dalam tidak ada tanah keras. Jadi tanahnya ada lempung dan pasir, jadi kalau kena air pasti hanyut.

“Kami lihat perkembangannya dulu setelah diperbaiki seperti apa. Namun untuk kendaraan angkutan berat, kami alihkan jangan lewat sini dulu,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar