Politik Pemerintahan

Pasca Pemilu 2019, Begini Yang Pihak-pihak Terlibat

Jaga Situasi Kondusif Pasca Pemilu, Polresta Sidoarjo Gelar Silaturahmi Kamtibmas

Sidoarjo (beritajatim.com) – Untuk menciptakan situasi kamtibmas aman dan kondusif pasca Pileg dan Pilpres dalam Pemilu 2019, Polresta Sidoarjo menjembatani berbagai pihak yang terlibat di Pemilu 2019 melalui silaturahmi kamtibmas di Aula Bharadaksa Polresta Sidoarjo, Jumat (26/4/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, Kapolresta Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo, KPU, Bawaslu, Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo, tokoh agama, tokoh masyarakat, tim pemenangan kedua paslon capres cawapres, serta tokoh partai politik di Kabupaten Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho mengapresiasi semua penyelenggara dan petugas Pemilu 2019. Sehingga kegiatan agenda nasional ini dapat berjalan lancar, aman dan kondusif.

Lulusan Akpol 1997 ini mengajak untuk mendoakan para pejuang demokrasi yang gugur serta sakit saat melaksanakan Pemilu 2019. Diakui Zain, pasca pemungutan suara di Pemilu 2019, kedua belah pihak saling klaim kemenangan yang akhirnya menimbulkan berbagai polemik di dinamika politik.

Deklarasi Damai yang diikuti oleh pihak-pihak yang terlibat dalam Pemilu 2019

“Karenanya kami dari pihak keamanan menghimbau kepada semuanya untuk bersabar dan menahan diri hingga proses rekapitulasi suara real count Pemilu 2019 oleh KPU rampung pada 22 Mei 2019 nanti,” katanya.

Senada dengan dengan Kapolresta Sidoarjo, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo Mulyawan mengatakan, kepada semua pihak yang terlibat agar saling bersabar hingga rampungnya real count KPU.

“Upaya menahan diri ini penting, guna menjaga wilayah kita di Kabupaten Sidoarjo tetap aman dan kondusif. Maka dari itu kami menyambut positif terselenggaranya silaturahmi kamtibmas ini, agar semua kembali guyub rukun untuk persatuan dan kesatuan kita,” imbuh Mulyawan.

Upaya menahan diri guna bersabar menunggu hasil real count KPU, juga disampaikan Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo M. Zainal Abidin mengajak para tim pemenangan paslon dan partai politik untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan.

Sambung Zainal, biarpun ada pihak-pihak yang saling klaim kemenangan, tapi jangan sampai kita berlebihan meresponnya. “Beri waktu kami di KPU untuk bekerja maksimal dan jujur. Tetap sabar sampai hasil real count rampung pada 22 Mei 2019 nanti,” tambah Zainal.

Acara silaturahmi kamtibmas Forkopimda Kabupaten Sidoarjo bersama tim pemenangan paslon, tokoh parpol, tokoh masyarakat dan tokoh agama diakhiri dengan deklarasi damai. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar