Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Jadi Pilot Project, SOTH Lamongan Luluskan 116 Orang Tua Hebat

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, Arumi Bachsin saat berlangsungnya kegiatan Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), pada Jumat (26/11/2021), di Gedung Lestari Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur.

Lamongan (beritajatim.com) – Lamongan yang menjadi pilot project Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) sejak Bulan Juni 2021 kini telah berhasil meluluskan 116 orang tua hebat angkatan pertama.

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ibu-ibu, siswa lulusan SOTH Kabupaten Lamongan, pada Jumat (26/11/2021), di Gedung Lestari Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur.

“Saya ucapkan dengan rasa bangga kepada ibu-ibu karena telah mau memberikan waktu, tenaga, pikiran, keseriusan, komitmennya untuk menyelesaikan SOTH. Bagi saya semua orang tua, ibu dan ayah adalah orang tua hebat, tapi mengapa kita merasa perlu ada SOTH ini? Yakni mengelola insting menjadi orang tua yang sudah dikaruniai Tuhan, dipadukan dengan teori tentang parenting yang terstruktur hasilnya menjadi paripurna,” tutur Arumi Bachsin.

Menurut istri Wakil Gubernur Emil Dardak tersebut, keberadaan SOTH dapat menyeragamkan sistem parenting, sehingga orang tua memiliki referensi dalam pola pengasuhan dan tidak menjadikan anak sebagai Trial eror.

“Saya pikir, pola pengasuhan yang saya lakukan 7 tahun lalu (anak pertama) sudah baik. Ternyata setelah banyaknya membaca, referensi parenting, teori-teori hasil penelitian ternyata masih kurang. Seharusnya SOTH ini sudah harus ada 7 tahun lalu. SOTH ini luar biasa,” imbuhnya.

Selain itu, kepada seluruh peserta SOTH Kabupaten Lamongan yang telah lulus, Arumi berharap, agar tetap terus menerapkan pembelajaran dan menyebarluaskan ilmu-ilmu pengasuhan yang telah didapatkan sebagai Orang Tua Balita penerus Bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, Arumi juga berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk terus mendukung program SOTH sebagai bentuk komitmen dalam mempersiapkan generasi berkualitas yang siap menerima estafet pembangunan.

Turut hadir secara langsung dalam kegiatan Wisuda SOTH ini di antaranya Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama istrinya yang juga Ketua TP PKK Lamongan, Anis Kartika Yuhronur Efendi.

Bupati Lamongan yang akrab disapa Bupati YES tersebut mengungkapkan, pihaknya telah memasukkan program ini pada anggaran tahun 2022 sebagai bentuk pengembangan kegiatan SOTH agar terus berjalan dan memberi kemanfaatan secara berkelanjutan bagi generasi emas Lamongan.

“Mengingat program ini sangat bermanfaat, Pemkab Lamongan jelas akan terus mendukung program ini, bahkan sudah dimasukkan pada tahun anggaran 2022 sebagai upaya pengembangan SOTH agar dapat terus dijalankan di Lamongan,” tandas Bupati YES.

Diketahui, SOTH merupakan program unggulan yang digagas oleh BKKBN Jawa Timur untuk mencetak orang tua cerdas dan terampil dalam mengasuh anak. Sebagai pilot project SOTH di Kabupaten Lamongan, dipilih 5 Kecamatan di antaranya Lamongan, Sukodadi, Kalitengah, Kembangbahu dan Sarirejo dengan didampingi oleh tenaga professional dari akademisi.[riq/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar