Politik Pemerintahan

Jadi Narasumber Airlangga Forum, Bupati YES Sampaikan Percepatan Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Seringnya wacana tentang kebangkitan ekonomi di Lamongan yang dikumandangkan saat situasi pandemi ini, membuat Bupati Lamongan Yuhronur Efendi (YES) kerap diminta untuk menjadi narasumber di berbagai acara, salah satunya Airlangga Forum, pada Jumat (18/6/2021) kemarin.

Diketahui, Airlangga Forum adalah program podcast interaktif yang seringkali menghadirkan para narasumber berskala Nasional maupun Internasional, topik yang dibicarakan di dalamnya pun kekinian, artinya relevan untuk diperbincangkan. Program ini disiarkan langsung secara daring dari Studi Media Digital atau Podcast Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

Pada Podcast yang bertajuk ‘Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Lamongan Yang Terintegrasi’, tentu saja Bupati YES menyampaikan akselerasi-akselerasi yang dilakukannya dalam rangka membangkitkan perekonomian Lamongan, khususnya gerakan pemulihan ekonomi saat pandemi.

“Untuk mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lamongan ini dilakukan berbagai percepatan di berbagai bidang. Satu diantaranya yakni di bidang infrastruktur. Perbaikan-perbaikan infrastruktur, khususnya (perbaikan) jalan, akan mampu menggerakkan roda perekonomian,” ungkap YES.

Tak hanya insfrastruktur jalan, Bupati YES juga melakukan perbaikan insfrastuktur lainnya guna meningkatkan produktifitas ekonomi di Kabupaten Lamongan. “Infrastruktur lain seperti jaringan irigasi dan jalan usaha tani pun tak luput dari perbaikan-perbaikan. Selanjutnya pemulihan ekonomi juga dilakukan melalui penguatan UMKM,” terang Bupati YES.

Lebih lanjut, Bupati YES juga menambahkan, program #ayobeliproduklamongan yang bekerjasama dengan retail modern dinilai akan membuat produk Lamongan lebih dikenal oleh masyarakat. “Selain itu, kerjasama dengan pihak ketiga yakni Bank Jatim melalui aplikasi Pasar Online Lamongan serta Lapak Lamongan juga dilakukan,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, lebih jauh Bupati YES menuturkan, bahwa pengembangan bidang pariwisata melalui taman-taman tematik yang dikelola oleh BUMDes dengan memanfaatkan sumberdaya-sumberdaya tiap wilayah juga digalakkan agar dapat menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar.

Selain itu, Bupati YES juga memaparkan tentang sisi keunggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Lamongan selama ini, utamanya pada bidang pertaniannya. “Lamongan merupakan Kabupaten di Jatim yang mempunyai banyak surplus di bidang pertanian. Dari jumlah produksi 1.170.000 ton beras, 507.000 ton di antaranya surplus, begitu pula dengan produksi jagung, ikan, dan daging. Sehingga 32% sampai dengan 35% PDRM Kabupaten Lamongan disumbang oleh sektor pertanian,” paparnya. [riq/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar