Politik Pemerintahan

Pesan Bupati Lumajang saat Pelantikan

Jadi Kades Jangan Nikah Lagi, Bisa Justru Korupsi

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melantik 158 Kepala Desa (Kades) terpilih di Pilkades serentak dibulan Desember 2019 lalu di Pendopo Arya Wiraraja, Rabu (8/1/2020). Orang nomor satu di kaki Gunung Semeru itu meminta para Kades untuk tidak nikah lagi dan bisa melakukan tindakan korupsi.

“Ojo rabi maneh, iso malah korupsi (jangan menikah lagi, bisa justru korupsi, red),” ujar Cak Thoriq saat memberikan sambutan.

Masih kata dia, ada kerawanan bagi para kades nikah lagi, meskipun siri. Kebutuhan akan meningkat dan bisa menganggu jalanan pemerintahan.

“Dana desa bisa disalahgunakan,” paparnya.

Pengelolaan Dana Desa (DD) melalui APBN dan Anggaran Dana Desa (ADD) di APBD harus akuntabilitas serta efisien. Sehingga anggaran negara bisa digunakan untuk pembangunan dalam menumbuhkan perekonomian warganya.

“Jika ada penyalahgunaan, silakan tanggung sendiri,” paparnya.

Kades Sumberanyar terlantik, Hendra mengaku dirinya ingin mengabdi pada desanya untuk melakukan perubahan dalam pembangunan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Melalui peningkatan dalam pertanian juga sektor usaha kecil.

“Didesaku kebanyakan petani dan perlu ada perubahan untuk makmur,” pungkasnya. [har/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar