Politik Pemerintahan

Jabatan Bupati Sambari dan Wabup M.Qosim Berakhir 17 Februari 2021

Gresik (beritajatim.com) – Jabatan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, dan Wakil Bupati M.Qosim berakhir sampai 17 Februari 2021. Penegasan itu disampaikan Ketua DPRD Abdul Qodir saat rapat paripurna Pengumuman dan Pemberhentian Bupati Wakil Bupati Gresik 2016-2021, dan Pengesahan Bupati Wakil Bupati terpilih 2020-2024, Rabu (27/01/2021).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua Dewan Abdul Qodir serta Wakil Ketua Mujid Riduan, diikuti puluhan anggota dewan secara virtual. Dalam pidato terakhir itu, Wabup M.Qosim yang menyampaikan secara virtual. Dirinya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan masyarakat Gresik selama memimpin bersama Bupati Sambari Halim Radianto.

“Rapat paripurna kali ini mengumumkan masa berakhirnya bupati, dan wakil bupati yang lama sekaligus mengumumkan serta menindaklanjuti bupati wakil bupati yang terpilih,” ujar Abdul Qodir.

Politis PKB itu menyatakan proses demokrasi Pilkada Gresik 2020 lalu berjalan sukses aman, dan terkendali tidak terjadi gesekan. Karena itu, dirinya mengapresiasi masyarakat Gresik yang semakin dewasa dalam mengawal proses demokrasi.

Sesuai jadwalnya, pelantikan bupati dan wakil bupati serta walikota maupun wakil walikota yang terpilih dilakukan secara serentak di Gedung Grahadi Pemprov Jatim pada 17 Februari 2021. Ada 19 orang yang bakal dilantik menjadi kepala daerah secara bersamaan.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Mujid Riduan menyatakan bupati dan wakil bupati yang terpilih juga mengikuti rapat paripurna ini secara virtual. “Bupati terpilih Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani serta Wakil Bupati Aminatun Habibah yang akrab dipanggil Bu Min mengikuti secara virtual dalam sidang paripurna istimewa,” ungkapnya.

Semula Gus Yani dan Bu Min dijadwalkan menghadiri rapat paripurna di Dewan Gresik. Namun, karena sesuatu hal akhirnya bupati dan wakil bupati yang terpilih itu tidak jadi datang tapi tetap mengikuti secara virtual. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar