Politik Pemerintahan

Ketua DPRD Pamekasan 2019-2024

Jabatan 2,5 Tahun Bagi Halili Yasin Bersyarat

Ketua DPC PPP Pamekasan, Halili Yasin (kiri) bersama Sekretaris DPC PPP Pamekasan, Muksin (berkopyah).

Pamekasan (beritajatim.com) – Rekomemdasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk posisi jabatan 2,5 tahun kedua bagi Halili Yasin sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, periode 2019-2024. Bersyarat.

Hal itu tidak lepas dari surat rekomendasi bernomor 2271/IN/DPP/IX/2019 tentang Persetujuan Pimpinan DPRD Pamekasan, Periode 2019-2024, tertanggal 13 September 2019 lalu. Dimana posisi ketua dewan akan diisi dua kader terbaik partai secara bergantian untuk lima tahun kedepan.

Untuk 2,5 tahun pertama, nama Fathor Rohman bakal menjabat sebagai Ketua DPRD Pamekasan. Sedangkan 2,5 tahun berikutnya untuk Halili, itupun jika ia kembali terpilih sebagai Ketua DPC PPP Pamekasan pada pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) DPC PPP Pamekasan, periode mendatang.

Bahkan keberadaan surat rekomendasi DPP PPP dinilai multi tafsir dan membuat Halili Yasin, sempat melakukan protes dengan kembali menanyakan salah satu poin dalam rekomendasi tersebut. “Memang sempat ada protes (Halili Yasin) soal beberapa poin dari surat rekomendasi, apalagi memang masih multi tafsir,” kata Sekretaris DPC PPP Pamekasan, Muksin kepada berijatim.com, Selasa (8/10/2019).

“Akhirnya kami mencoba menembusi ke DPP untuk mempertanyakan seputar salah satu poin yang tertuang dalam surat rekomendasi, dan hasilnya tetap sama, yakni 2’5 tahun kedua bakal dijabat Pak Halili jika ia kembali terpilih sebagai Ketua DPC,” tegasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga memastikan rekomendasi DPP PPP sudah diteruskan dan diserahkan ke Sekretariat DPRD Pamekasan untuk segera ditindak lanjuti. “Alhamdulillah, surat rekomendasi penunjukan ketua dewan dari PPP sudah kami serahkan pada Senin kemarin. Tinggal menunggu penetapan sesuai dengan regulasi yang ada,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Hingga saat ini alat kelengkapan dewan alias AKD di lingkungan DPRD Pamekasan, baru menuntaskan komposisi fraksi. Tercatat sebanyak tujuh fraksi dari 10 perpol berbeda yang berkantor di gedung wakil rakyat, yakni Fraksi Demokrat dipimpin Ismail, Fraksi Gerindra dipimpin Rida’i sebagai ketua, Fraksi PKS dijabat Suyono, Fraksi PKB ditempati Khoirul Umam, serta Fraksi PPP yang dipercayakan kepada Achmadi.

Dua fraksi lainnya yang merupakan fraksi parpol gabungan, masing-masing Fraksi Madani (Golkar, PBB dan Perindo) dijabat politisi Golkor, Achmad Tatang. Serta Fraksi PAN-NasDem yang dipercayakan untuk dijabat politisi muda NasDem, Hamidi.

Sementara untuk komposisi pimpinan di DPRD Pamekasan, periode 2019-2024, terdiri dari Harun Suyitno dari PKS, Hermanto dari Partai Demokrat, serta Syafiuddin dari PKB. Sedangkan kuota pimpinan bakal diisi dua politisi PPP secara bergantian, yakni Fathor Rohman dan Halili Yasin. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar