Politik Pemerintahan

Izin Kemenhub Belum Turun, Proyek Underpass Gresik Molor

Gresik (beritajatim.com) – Imbas izin dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) belum turun. Proyek pembangunan underpass di Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik bakal molor. Padahal, sebelumnya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) sudah mendesain pembangunan proyek dimulai 1 Juli dan kelar 4 Desember 2020.

Pantauan di lapangan, lahan yang sudah disediakan terkait proyek pembangunan ini sudah disiapkan. Bahkan, sudah ada garis pembatas berwarna kuning. Garis pembatas itu digunakan untuk pengalihan arus lalu lintas.

Belum dimulainya proyek underpass ini, kabarnya terkendala izin dari Kemenhub. Pasalnya, Jalan Wahidin Sudirohusodo Gresik merupakan jalan nasional, dan bukan jalan kabupaten.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Komisi III DPRD Gresik, Abdullah Hamdi menuturkan, pihaknya sudah mendapat laporan dari Dinas PUTR Gresik mengenai masalah izin yang belum keluar.

“Seharusnya izin itu dilakukan sebelum lelang dimulai. Sehingga ketika pemenang lelang sudah ada, izin sudah keluar,” tuturnya, Minggu (2/08/2020).

Ia menambahkan, kalau proyek ini tidak segera dilelang. Maka lelangnya selesai baru mengurus izin. Itu saja belum tentu keluar izinnya. Kalau tidak keluar otomatis gagal dibangun proyek underpass yang digagas Dinas PUTR.

Politisi asal PKB itu juga menjelaskan mepetnya pengurusan izin itu bakal berdampak pada waktu pengerjaan. Sebab, pengerjaan underpass itu sudah molor satu bulan dari jadwal yang sudah ditentukan.

“Proyek underpass itu harus selesai tepat waktu. Kalau sampai molor maka anggarannya bisa tidak terserap,” ungkap Abdullah Hamdi.

Seperti diberitakan, proyek underpass Jalan Wahidin Sudiro Husodo Gresik anggarannya sebesar Rp 5,2 miliar yang diambil dari APBD tahun 2020.

Selain dipakai membangun underpass. Dana Rp 5,2 miliar itu juga dipakai membuka jalan baru di sebelah selatan jalan. “Nanti untuk lanjutannya dianggarkan tahun depan,” kata Kepala Dinas PUTR Gresik Gunawan Setiaji. [dny/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar