Politik Pemerintahan

Istri Gus Yani Masuk Bursa Kandidat Ketua PKB Gresik

Putri KH Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali), Ning Nurul Haromaini, masuk bursa calon Ketua DPC PKB Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Kontestasi politik pasca-Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Gresik 2020, semakin menghangat. Hal itu mengingat akan digelarnya Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PKB Gresik pada Mei 2021.

Dari sekian kandidat yang mencuat, ada nama istri Bupati Gresik terpilih (Gus Yani), yaitu Nurul Haromaini. Neng Nurul, panggilan akrabnya, adalah kandidat yang dicalonkan di bursa pemilihan Ketua DPC PKB Gresik.

Selain Ning Nurul, sejumlah nama yang mencuat antara lain Wabup M.Qosim, Sekretaris DPC PKB Gresik, Imron Rosyadi dan Fandi Akhmad Yani atau Gus Yani Bupati Gresik terpilih.

Ning Nurul adalah putri ulama NU sekaligus pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo, KH. Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali). Sejumlah sumber menyebutkan Ning Nurul telah mendapatkan restu dari suaminya.

“Ning Nurul siap jika ditunjuk untuk membantu membesarkan organisasi PKB Gresik,” ujar salah satu pengurus PKB yang enggan disebutkan namanya, Selasa (2/2/2021).

Munculnya Ning Nurul di kontestasi Ketua DPC PKB Gresik merupakan hal yang baru. Pasalnya, putri dari KH. Agoes Ali Masyhuri itu satu-satunya dari golongan perempuan yang dicalonkan. Secara terpisah, Ketua PAC PKB Gresik Syaikhu Busyiri menyatakan, lingkungan PKB itu memiliki SDM sangat banyak. Mereka sangat mumpuni untuk bisa mengembalikan kejayaan partai di era 2004-an.

Menurutnya, munculnya nama Ning Nurul adalah angin segar, karena selain perempuan ia juga masih muda. Ning Nurul merupakan Alumnus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang besar di lingkungan pesantren.

“Bagi Saya itu sangat baik apalagi orang pondok, masih muda lagi. Besar dari lingkungan ponpes membuat Ning Nurul ini kerap bersinggungan dengan organisasi dan leadership dari pimpinan parpol,” ungkapnya.

Kendati demikian, kata Syaikhu Busyiri, dirinya belum mengenal secara detail tentang profil Ning Nurul. Namun, karena dibesarkan dalam lingkungan pondok pesantren pasti memiliki potensi sangat besar untuk bisa membawa gerbong menuju kejayaan PKB.

“Ning Nurul punya potensi untuk mengembalikan kejayaan PKB. Pasalnya, telah dibentuk oleh lingkungan pondok pesantren untuk menjadi seorang pemimpin,” pungkasnya. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar