Politik Pemerintahan

Peringati HPSN

Istri Bupati Gresik Terpilih Ikut Punguti Sampah Plastik

Istri Bupati Gresik terpilih, Nurul Akhmad Yani (kanan), mengangkat sampah plastik menjelang peringatan HPSN 2021

Gresik (beritajatim.com)– Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari 2021, istri Bupati Gresik terpilih, Nurul Akhmad Yani, terjun langsung turut memunguti sampah plastik bersama komunitas Asosiasi Bank Sampah Gresik (Asbag).

Ning Nurul, sapaan akrabnya, tidak canggung berbaur dengan kelompok perempuan yang tergabung di Asbag. Sambil memilah-milah sampah botol plastik di sejumlah cafe di Desa Ngargosari, Kecamatan Kebomas, dia juga turut serta mengangkat sampah plastik yang nantinya dikumpulkan di bank sampah.

“Saya mengapresiasi aksi nyata rekan-rekan aktivis penggiat lingkungan, seperti komunitas Asbag yang tidak kenal lelah meski di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya, Sabtu (20/2/2021).

Ning Nurul berharap, aksi lingkungan ini mendapat support dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Sehingga sama-sama berperan aktif jemput bola memwadahi komunitas Asbag. Terkait dengan ini, DLH Gresik juga akan melakukan kegiatan Pekan Sedekah Sampah (Pedas) dalam memperingati HPSN.

Acaranya digelar Minggu (21/2/2021). DLH setempat menghimpun sedekah dalam bentuk pengumpulah barang bekas tidak terpakai, atau sampah yang masih ada nilai ekonomisnya. “Hasil dari sampah itu kami laporkan ke Baznas Gresik. Selanjutnya, juga disalurkan ke rekan-rekan pasukan kuning, pasukan taman, pasukan TPA dan anak yatim piatu,” kata Kepala DLH Gresik Najikh.

Sementara itu, Ketua Asbag Gresik Siti Fitria menyatakan peringatan HPSN merupakan program kerja tahunan. Tahun ini merupakan tahun keempat. “Saat ini ada ratusan bank sampah yang tersebar di Gresik,” kata Fitria.

“Kami juga mengedukasi masyarakat maupun pemilik kafe serta warkop agar memilah sampah yang bisa dijadikan bahan baku ekonomi di tengah pandemi Covid-19,” tandasnya. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar