Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Pemkab Sidoarjo Pindahkan Warga Isoman ke Tempat Isolasi Terpusat

Sidoarjo (beritajatim.com) – Forkopimda Sidoarjo melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pemindahan warga isolasi mandiri (isoman) ke isolasi terpusat (isoter) yang tersebar di sembilan tempat di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Apel gelar pasukan diikuti personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Ormas dan komunitas dilaksanakan di Mapolresta Sidoarjo, Rabu (18/8/2021).

Apel gelar pasukan pemindahan isoman ke isoter dipimpin Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, (Us Muhdlor) didampingi Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, serta Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. M. Iswan Nusi.

Dalam arahannya, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini untuk mengecek kesiapan seluruh personel yang nantinya akan mendukung pelaksanaan percepatan pemindahan isoman ke sembilan tempat isoter yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

“Upaya pemindahan isoman dan isoter bertujuan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. Warga yang isoman tidak perlu takut untuk dipindahkan ke tempat isoter, karena kami bersama TNI-Polri, tenaga kesehatan, serta pihak terkait menjamin pelayanan medis maupun penunjang lainnya cukup mumpuni, lebih nyaman dan terpenting kondisi kesehatan isoman lebih terpantau,” kata Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali (Gus Muhdlor).

Kepada para petugas, termasuk dari TNI, Polri dan tenaga kesehatan hingga tingkat desa, Gus Muhdlor menekankan pendekatan humanis yang sifatnya mengedukasi masyarakat.

Bahwa langkah ini adalah efektif dan mempercepat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Sehingga tidak sampai menular ke keluarga terdekat, atau orang sekitarnya.

Sambung Gus Muhdlor di Kabupaten Sidoarjo, laju penyebaran Covid-19 saat ini sudah menunjukan penurunan signifikan semenjak diberlakukannya PPKM.

“Dilihat dari BOR ICU, sebelumnya sampai 96 persen terisi pasien Covid-19, sekarang turun 58-56 persen. Dari hasil ini, kami akan tekan agar terus menurun lagi. Termasuk melalui percepatan pemindahan isoman ke isoter sampai dengan tingkat desa, serta penguatan sinergitas kerja cepat perangkat desa, TNI, Polri dan bidan desa,” ujarnya.

Sementara Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro, menyatakan pihaknya bersama Kodim 0816 Sidoarjo akan memaksimalkan langkah pemindahan isoman ke isoter.

“Kami akan bersinergi, termasuk bhabinkamtibmas dan babinsa siap bersama-sama perangkat desa juga bidan desa untuk mengedukasi warga isoman, agar mau dipindahkan ke isoter dengan tempat lebih memadai plus perawatan medis terpantau. Sehingga penyebaran Covid-19 dapat segera terputus,” kata Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro.

Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Mohammad Iswan Nusi menghimbau masyarakat, khususnya warga yang menjalani isolasi mandiri turut mendukung langkah baik pemindahan ke isoter ini. Karena adalah sebagai upaya percepatan menekan laju penyebaran Covid-19.

Di isoter, pasien dapat lebih terpantau secara medis didukung tempat yang nyaman. “Serta terpenting adalah dengan dipindahkannya isoman ke isoter, tidak sampai menyebar ke orang terdekat atau tetangga sekitar,” pungkasnya. (isa/kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar