Politik Pemerintahan

Isi ASN yang Bakal Pensiun, 19 Orang Pejabat Eselon II Gresik Ikuti Uji Kompetensi

Gresik (beritajatim.com) – Tahun 2021 banyak pejabat eselon II di lingkup Pemkab Gresik memasuki purna tugas. Untuk mengisi kekosongan itu, sebanyak 19 orang mengikuti uji kompetensi pejabat pimpinan setingkat eselon II.

Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) yang mengikuti uji kompetensi tersebut, tampak tegang. Saat Wabup Gresik Aminatun Habibah (Bu Min) melihat langsung para ASN sewaktu akan ujian.

“Uji Kompetensi ini suatu hal biasa bagi ASN yang sesuai perundangan dilakukan secara berkala. Jadi Anda juga harus menghadapi dengan serius tapi santai, semangat dan tetap fokus,” ujar Bu Min, Kamis (8/04/2021).

Masih menurut Bu Min, hasil dari uji kompetensi ini nantinya untuk penempatan pejabat sesuai hasil kompetensi yang dilaksanakan kali ini.

Sesuai perundang-undangan, uji kompetensi yang digelar ini sesuatu yang rutin bagi ASN yang hendak naik tingkat sebagai pejabat pimpinan tinggi pratama. Dalam aturannya, setiap dua tahun sekali ada ujian semacam ini, dan berlaku bagi pejabat administrator serta pengawas.

“Uji kompetensi ini kami prioritaskan untuk para pejabat eselon II yang usianya di bawah 59 tahun, yang jumlahnya 19 orang pejabat,” kata Bu Min.

Ia menambahkan, hasil assessment ini bisa dipakai untuk apa saja misalnya mutasi, rotasi, pengisian jabatan yang kosong.

Adapun 19 pejabat pimpinan tinggi pratama yang mengikuti uji kompetensi yakni Kadis Satpol PP Abu Hassan, Kadis Perumahan dan Pemukiman, Achmad Washil Miftahul Rahman. Selanjutnya, Kadisparbud Agustin Halomoan Sinaga, Kadis Infokom Budi Raharjo, Choirul Anam, Sekda DPRD Darmawan.

Selanjutnya, Kepala Inspektorat Eddy Hadisiswoyo, Kadistan Eko Anindito Putro, Ida Lailatussa’diyah, Kadispendukcapil Khusaini, Malahatul Fardah, Kepala DLH Mokhammad Najikh, Kadishub Nanang Setiawan, Ninik Asrukin, Nuri Mardiana, Kadinkes drg Saifudin Ghozali, Siti Jaiyaroh, Kadis Pertanahan Sutaji Rudy, dan Kepala BPBD Tarso. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar