Politik Pemerintahan

Irwasda Polda Jatim Sidak Kesiapan Pilkada Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Menjelang tujuh hari pemungutan suara Pilkada Gresik 2020, Irwasda Polda Jatim, AKBP Sungkono melakukan inspeksi mendadak (sidak) kesiapan pelaksanaan pilkada di Polres Gresik.

Didampingi Dirbinmas Polda Jatim AKBP SR. Turr Praktiknyo, kedua perwira menengah itu melihat langsung simulasi pemungutan ditengah Pandemi Covid-19.

“Kedatangan kami kesini melihat langsung bagaimana kesiapan Polres Gresik menjelang pelaksanaan pilkada,” ujarnya, Kamis (3/12/2020).

Simulasi pemungutan suara ini di-setting seolah-olah seperti tempat pemungutan suara (TPS) sungguhan. Sejumlah lembaga penyelenggara pemilu dilibatkan.

Maksud simulasi ini untuk memberikan gambaran kepada para penyelenggara, petugas pengamanan dan pemilih dalam melaksanakan pungut dan hitung suara di tengah masa Pandemi Covid-19.

“Kami menggelar simulasi ini untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang pelaksanaan pilkada yang tinggal beberapa hari lagi,” ujar Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto.

Arief menambahkan, bagi pemilih yang dinyatakan positif terkena covid 19 dan melakukan isolaso mandiri. Pihaknya akan berkordinasi dengan pihak keluarga yang bersangkutan untuk dapatnya memenuhi hak pasien dalam menyalurkan hak pilihnya.

“Soal itu petugas KPPS datang kerumah pasien dengan pakai protokol kesehatan, atau prokes,” imbuhnya.

Dalam simulasi itu, juga ada adegan rekapitulasi atau penghitungan suara. Adegan pegeseran hasil rekapitulasi dan kotak suara menuju PPS, PPK.

“Hal yang baru dalam pilkada kali ini jumlah pemilih maksimal 500 orang per TPS. Petugas KPPS menggunakan masker selama bertugas serta menggunakan sarung tangan. Pemilih yang akan masuk ke TPS dicek suhu tubuh, jika suhu tubuh diatas 37,3 derajat celcius mencoblos di bilik suara khusus,” ungkap Arief Fitrianto. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar