Politik Pemerintahan

Ipong Tanggapi Santai Soal 2 Anak Buahnya Daftar Cawabup

Bupati Ipong Muchlissoni (foto/Endra Dwiono)

Ponorogo (beritajatim.com) – Bupati Ipong Muchlissoni menanggapi dengan santai terkait dua pegawai negeri sipil (PNS) yang ikut bursa bacawabup dalam Pilbup Ponorogo tahun ini. Dua PNS yang daftar dalam penjaringan bacawabup Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, menduduki posisi strategis di lingkup Pemkab Ponorogo. Yakni Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Bambang Tri Wahono dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jamus Kunto.

“Kalau ada PNS yang nyalon ya ndak papa, saya biasa-biasa saja,” kata Ipong, Jumat (24/7/2020).

Ipong menilai PNS itu berhak mencalonkan dan dicalonkan dan memilih serta dipilih. Selain itu setiap orang kan juga punya cita-cita. Dan dua PNS tersebut kan mengabdi ke negara sudah lebih dari 30 tahun, jadi mereka berhak menentukan pilihannya. Beda dengan PNS yang baru mengabdi selama 10 tahun, mungkin biaya rekruitmen yang dikeluarkan negara belum kembali. Sehingga bisa dinasehati.

“Tapi meskipun begitu, kita tidak bisa melarang. Karena itu hak mereka,” katanya.

Ipong mengungkapkan dua anak buahnya itu, sebelum mendaftar penjaringan itu, dirinya tidak dimintai izin. Hanya saja, seusai mendaftar itu mereka menghadap Ipong untuk memberitahu habis mendaftar. Dia menyadari kalau tidak ada kewajiban untuk minta izin. Mungkin nanti, setelah fix dapat rekomendasi dan sebelum mendaftarkan ke KPU mungkin minta izin dan menyatakan pengunduran diri yang bersangkutan.

“Nanti kalau mereka dapat rekomendasi dan mau daftar ke KPU, baru minta izin untuk pensiun dini,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Sekda Agus Pramono menilai langkah Bambang dan Jamus merupakan hak setiap warga negara. Dia menilai, langkah keduanya mendaftar penjaringan di parpol belum melanggar ketentuan.

“Yang jelas mereka harus mengundurkan diri jika telah pasti diusung ke parpol dan akan mendaftar pencalonan ke KPU,” pungkasnya. [end/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar