Politik Pemerintahan

Ipong : Bangsa Indonesia Kehilangan Ulama Besar

Cabup Ipong Muchlissoni saat bertakziah di rumah duka, Desa Gontor Kecamatan Mlarak Ponorogo. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kepergian Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) Ponorogo K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi menghadap ke Rahmatullah menjadi kabar duka di hari santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober ini.

Calon bupati (cabup) Ipong Muchlissoni menyebut, bahwa anak pertama dari seorang Trimurti Pendiri Pondok Gontor KH. Imam Zarkasyi adalah ulama besar. Almarhum bukan hanya tokoh agama yang hanya di kenal di kalangan pondok Gontor. Namun lebih dari itu, almarhum K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi juga dikenal oleh masyarakat Indonesia. “Saya rasa bukan hanya Ponorogo, melainkan seluruh Indonesia dan umat Islam kehilangan salah satu ulama besarnya,” kata Ipong usai takziah, Kamis (22/10/2020).

Beliau, kata Ipong sepanjang hidupnya berjuang untuk mengembangkan pondok dan agama Islam. Dimana itu sesuai dengan visi dari trimurti pendiri pondok. Hingga perjuangan membesarkan pondok itu menginspirasi pondok-pondok yang lain. Oleh karena itu, Ipong menyebut kita semua patut berduka. Dia juga menghimbau masyarakat untuk mendoakan arwah beliau diterima Allah dan diampuni segala dosanya serta diterima amal ibadahnya. “Mari kita doakan almarhum K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi husnul khotimah dan juga berdoa pimpinan pondok mendapatkan generasi berikutnya,” katanya.

Untuk diketahui, almarhum K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi wafat pada hari Rabu (21/10) pada pukul 15.50 WIB di rumahnya Desa Gontor. Beliau tutup usia di umur 78 tahun. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar