Politik Pemerintahan

Inspektorat Kabupaten Kediri Raih Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 dari BPKP

Kediri (beritajatim.com) -Inspektorat Kabupaten Kediri mendapatkan piagam penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 dari BPKP. Penyerahan penghargaan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Dede Sujana, S.Sos, M.Si, Koordinator Pengawasan Bidang P3A BPKP Provinsi Jawa Timur Sudarto dan Plt. Inspektur Kabupaten Kediri Nono Soekardi, SH., MM. Acara ini diselenggarakan di Joglo Pemkab Kediri.

Piagam penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari BPKP karena Inspektorat Kabupaten Kediri  telah mencapai APIP Level 3 (integrated). Penghargaan diberikan kepada kota/kabupaten yang sudah menyelesaikan syarat-syarat tertentu yang diberikan oleh BPKP. Saat ini di Jawa Timur ada 10 daerah yang mendapat penghargaan APIP Level 3, dimana terdapat sekitar 150 perimeter penilaian yang harus dipenuhi.

Menurut Sudarto, level 3 Kapabilitas APIP ini merupakan hal yang sulit karena beberapa daerah baru di level 2 atau maksimal di 2+.

“Berada di level 3 sudah sulit walaupun ada level 4 dan level 5. Inspektorat Kabupaten Kediri bisa dikatakan sudah berperan efektif. Banyak daerah lain yang masih mendapatkan level 2 atau 2+,” jelasnya.

Sekda Kabupaten Kediri (baju gelap)

Ditambahkan olehnya, dengan mendapatkan level 3, diharapkan Inspektorat Kab. Kediri bisa melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, ekonomis terhadap suatu kegiatan, serta mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal.

Sekda Dede Sujana mengapresiasi atas hasil yang dicapai Inspektorat Kab. Kediri. “Kami mewakili pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas bantuannya, sehingga Inspektorat Kab. Kediri bisa mencapai level 3,” jelasnya.

Sementara itu Plt. Inspektur Kabupaten Kediri, Nono Soekardi mengatakan upaya untuk mencapai level 3 ini sudah dilakukan sejak tahun 2018.

“Sudah mulai tahun 2018 kemarin, tahun 2019 sudah naik ke level 2+. Alhamdulillah di tahun 2020 kita sudah bisa mencapai level 3 dan semoga ini menjadi sebuah amunisi baru buat Inspektorat dan teman-teman di dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan SOP dan kaidah yang sudah disusun bersama,” ujarnya. [nm/ted].



Apa Reaksi Anda?

Komentar